Tahun 2015, Kemungkinan Besar Harga PC Akan Naik

By on December 25, 2014
86HP_Compaq_dx2020_left_M

Bagi anda yang sekarang ini membutuhkan perangkat komputer, sepertinya anda harus segera membeli perangkat penunjang pekerjaan dan hiburan ini sekarang, mengingat harga perangkat komputer ini diperkirakan akan naik hingga kisaran 20 persen di tahun 2015 mendatang. Kondisi ini disebabkan karena tren melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika.

Seperti yang dilansir dalam laman Antara, Edy Joko Kiswanto, yang merupakan Ketua Apkomindo Jawa Tengah mengatakan, kondisi kenaikan harga perangkat komputer hampir dipastikan akan terjadi di awal tahun 2015 mendatang. Lebih jauh lagi, Kiswanto menyatakan jika kenaikan harga ini akan berlaku secara menyeluruh untuk semua merek komputer antara 15 sampai 20 persen.

Berkaitan dengan hal ini, Kiswanto menyarankan kepada anda yang berniat akan membeli perangkat komputer, mendingan segera membeli di akhir tahun 2014 ini. Selain sekarang sedang ada pesta diskon dan cuci gudang akhir tahun, harga komputer juga masih relatif normal (belum ada kenaikan terkait imbas kenaikan nilai tukar Rupiah).

Walaupun begitu, Kiswanto menyatakan jika kenaikan harga perangkat komputer dari berbagai merek di 2015 mendatang, ternyata tidak akan berdampak besar baik bagi para pengusaha yang berkecimpung di penjualan atau toko komputer. Hal ini karena sejak tahun 2013 yang lalu, tingkat penjualan perangkat komputer terus mengalami penurunan karena tergerus oleh tren gadget portable.

Bahkan belakangan ini, Kiswanto mengatakan ada beberapa toko komputer tradisional yang tidak berada di dalam mal, satu per satu sudah mulai tutup atau mengalihkan sektor bisnisnya karena mereka tidak mampu untuk membayar upah para karyawan karena penjualannya sangat minim.

Sedangkan untuk penjual komputer yang masih bertahan, mereka kebanyakan mereka yang sudah punya outlet di mall. Untuk tahun ini, bagi beberapa perusahaan komputer, bisa balik modal dan bisa membayar upah karyawan saja sudah bagus. Bahkan mereka tidak terlalu berharap bisa mendapatkan keuntungan yang besar karena memang belakangan ini selera masyarakat sudah mulai berubah

Untuk tahun 2014 ini saja, harga notebook ataupun PC masih tidak terlalu terpengaruh dengan penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS karena memang para penjual perangkat ini kebanyakan masih menjual stok tahun 2014 atau bahkan stok PC sebelumnya, di mana pada saat itu nilai tukar rupiah masih berada di kisaran antara Rp 11.000 sampai dengan Rp 11.900.

 Membeli-PC-Spec-5-Juta-1

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *