Kecanggihan Android M yang Bisa Dinikmati Di Tablet

By on June 21, 2015
3. Kecanggihan Android M Yang Bisa Dinikmati Di Tablet 1

Android M kabarnya akan segera meluncur 29 Juli mendatang. Setelah resmi diperkenalkan pada ajang Google I/O pada awal bulan lalu, Google secara resmi menjanjikan Android M pada bulan depan. Pada awal perkenalan OS terbaru tersebut, banyak pihak yang ingin tahu kepanjangan dari huruf ‘M’ pada Android M. beberapa orang menyebutnya sebagai ‘Milkshake’, “Macadamia Nut Cookie’ dan banyak lagi. Sementara sebagian orang yang lain penasaran dengan fitur dan kecanggihan yang ditawarkan oleh Android M.

Google pada awal perkenalan dengan Android M mengatakan bahwa OS ini dikhususkan bagi para profesonal dan para pekerja yang sering bekerja outdoor. Dengan petunjuk semacam itu maka bisa disimpulkan bahwa Android M akan lebih fokus pada hal-hal serius yang bisa dilakukan dengan gadget ber-OS Android M. secara umum fitur-fitur baru yang dibawa Android M cukup beragam, mulai dari fitur penghematan baterai yang mampu mengurangi penggunaan daya hingga 50% dengan mematikan semua koneksi internet dan aplikasi yang bekerja dibelakang saat ponsel  tak digunakan.

Selain itu ada juga fitur Android Play yang merupakan pengembangan dari Google Wallet, sistem authorisasi aplikasi dimana Anda bisa mengijinkan atau tidak mengijinkan aplikasi mengakses kontak dan data base Anda. Selain itu diklaim pula jika Android M mempunyai menu yang lebih bersahabat. Namun ada beberapa fitur  yang hanya bisa Anda nikmati jika mempergunakan tablet. Apa sajakah fitur tersebut?

Fitur yang pertama adalah Split Screen keyboard yang memudahkan pengguna tablet untuk menuliskan sesuatu tanpa harus kesulitan menjangkau huruf yang paling jauh. Split Screen Keyboard berfungsi membagi tampilan on-screen keyboard menjadi dua dan masing-masing terletak di sisi paling kiri dan paling kanan sehingga jempol Anda dengan mudah menjangkau huruf  yang paling jauh sekalipun. Sehingga Anda tak harus memegangi  tablet dengan satu tangan sementara tangan yang lain mengetik.

Fitur ini bisa Anda akses dengan cara masuk ke menu setting dan tap pada “personal”. Anda akan dibawa pada layar “language & Input”, masuklah ke  “keyboard & input methods” dan kemudian tap pada Google Keyboard, pilih Appearance & layout” dan aktifkan Split Keyboard.

Fitur  yang kedua adalah notification tray. Pada Android M Anda akan mendapati notification tray yang bisa berubah letaknya sesuai dengan dimana jari Anda menyentuhnya alih-alih notifikasi diletakan di tengah-tengah, Android M akan muncul setiap kali jari Anda menyentuh bar paling atas pada screen Anda.

Fitur terakhir yang bisa didapatkan pada Android M adalah fitur Multi-window. Dengan fitur ini maka Anda bisa membuka beberapa aplikasi secara simultan dan jendelanya bisa saling dijejerkan. Cukup sekali tap maka aplikasi yang Anda butuhkan akan muncul di paling atas.

 Android M

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *