Tablet Jolla Resmi Mati Sebelum Meluncur

By on February 1, 2016
Jolla-Tablet-Image

Apakah anda masih ingat dengan Jolla? Ya, perusahaan asal Finlandia yang didirikan oleh mantan karyawan Nokia tersebut beberapa waktu yang lalu dikabarkan berhasrat kuat ingin menyaingi iPad dengan membuat sebuah tablet dengan kualitas yang mumpuni.

Tapi sayang, cita-cita luhur mereka pun akhirnya harus kandas. Pasalnya, proyek pengembangan tablet Jolla tidak lagi dilanjutkan. Hal ini langsung diutarakan Juhank Lassila, selaku Juru Bicara Jolla yang menyatakan jika proyek tersebut sudah resmi mati.

Seperti dilansir dalam News Softpedia, Lassia menyatakan jika masalah yang paling besar yang melanda Jolla adalah, pendanaan dan penundaan yang terlalu lama. Kondisi ini telah membuat isu produk Jolla ketinggalan semakin santer terdengar, sehingga para investor pun enggan menggelontorkan dananya.

Lebih parahnya lagi, Lassia bahkan mengakui jika pihaknya tidak bisa mengapalkan semua produk yang selama ini dijanjikan akan diberikan kepada para donatur yang memesannya lewat situs crowdfunding Indiegogo. Jelas ini sebuah kemunduran yang menyedihkan.

Hingga saat ini, tidak jelas apa rencana selanjutnya yang akan ditempuh oleh co-founder sekaligus Chairman Dewan Direksi Jolla Antti Saarnio. Hanya saja, Lassia menyatakan jika Jolla telah gagal mencapai tujuan awalnya.

Menurutnya, kegagalan ini terjadi akibat dari kombinasi antara antisipasi yang buruk terhadap respons kebutuhan serta nasib yang tidak beruntung yang menaungi Jolla. Walaupun begitu, sisa sebanyak540 unit tablet Jolla saat ini sudah siap dikirimkan. Dan ini merupakan pengiriman tekahir yang bisa dilakukannya.

Lassia pun mengaku menyesal atas hal ini. pasalnya, jumlah yang dikirimkan tentu saja tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan di awal. Hanya saja, pengiriman ini merupakan bukti Jolla masih berkomitmen kuat untuk bisa menghasilkan sebuah produk, dan memenuhi kewajibannya.

Jolla sendiri pertama kali memperkenalkan diri di tahun 2014 silam, dimana perusahaan ini mengumumkan sedang menggarap sebuah tablet baru yang secara khusus disiapkan sebagai penantang iPad. Perangkat ini hadir dengan mengandalakn OS Sailfish.

Untuk memuluskan rencananya tersebut, akhirnya Jolla pun mengumpulkan dana pengembangan dengan menggunakan cara crowdfunding dalam situs Indiegogo. Ketika itu, Jolla hanya bisa menargetkan pengumpulan dana hingga USD 380 ribu.

Jolla-Tablet-Progress-review-main

Yang paling menarik, justru banyak orang yang tertarik dan penasaran dengan tablet ini. alhasil, hanya dalam waktu dua hari sejak pengumpulan dana via Indiegogo, perusahaan ini pun sudah sukses mendulang dana lebih dari USD 1 juta.

Walaupun begitu, ekspektasi besar ini sekarang tinggal kenangan. Pasalnya, tablet canggih ini ahrus rela menemui ajal sebelum benar-benar bisa berkembang.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *