Tablet 4G akan Mengubah Pasar Tablet

By on March 8, 2013
Tablet 4G akan Mengubah Pasar Tablet

Saat ini tablet memang sedang berada pada masa-masa kejayaannya. Banyaknya pengguna internet adalah salah satu alasan kenapa tablet menjadi begitu populer. Akan tetapi beberapa tablet memang masih memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah pada sisi ketersediaan konektifitasnya. Saat ini tablet masih didominasi oleh tablet Wi-Fi dan 3G. Untuk produsennya sendiri juga masih didominasi oleh beberapa vendor seperti Apple dan Samsung. Akan tetapi teknologi tablet tentunya akan semakin berkembang. Dan saat teknologi tersebut dipadu dengan trend pasar, maka ini akan menyebabkan perubahan pada pasar. Hal inilah yang disadari oleh Huawei. Mungkin pada saat ini pasar tablet memang masih dikuasai oleh Apple dan Samsung. Akan tetapi kedepannya ada kemungkinan akan muncul pasar yang berbeda yang nantinya menjadi wilayah bagi tablet terjangkau dengan teknologi 4G LTE.

Pasar Tablet akan Semakin Meledak

Tablet 4G akan Mengubah Pasar Tablet

Dengan semakin banyaknya produsen tablet, persaingan di pasar tablet juga semakin ketat. Hal ini menuntut para produsen tablet untuk membuat terobosan yang mampu memikat pelanggan. Karena itulah banyak produsen tablet yang berusaha memproduksi tablet dengan spesifikasi yang lebih baik, menawarkannya dengan harga yang lebih terjangkau hingga bekerjasama dengan developer game terkenal. Akan tetapi sebenarnya pasar tablet lebih menguntungkan jika dipadu dengan layanan internet yang lebih baik. Karena itu, perkembangan tablet kedepannya ada kemungkinan akan mulai menanambakn teknologi 4G LTE di dalamnya.

Teknologi 4G LTE memang masih belum banyak digunakan oleh mayoritas produsen tablet. Akan tetapi Jim Powell, Head of Product Management Huawei memiliki pandangan lain yang cukup sederhana. Menurutnya untuk menarik pelanggan ia bisa meletakkan teknologi LTE di dalam perangkat tablet serta kecepatan yang bisa disertakan maka perangkat tersebut akan menggiring dunia ke arah yang berbeda. Ia juga menambahkan bahwa pasar tablet harus dilihat secara keseluruhan agar dapat mengetahui hal apa yang menarik dari pasar tersebut. Hal inilah yang nantinya dimanfaatkan untuk menarik minat pasar. Dan saat berbicara mengenai peluang Huawei, ia yakin bahwa masih ada peluang untuk tablet lain. Setiap tablet pasti memiliki pasarnya sendiri-sendiri. Meski dalam beberapa hal ada beberapa tablet dari beberapa produsen yang bersaing pada pasar yang sama, akan tetapi selalu ada kesempatan bagi tablet lain untuk tetap bertahan di pasar tablet.

Strategi Huawei untuk Bertahan di Pasar Tablet

Dalam pasar tablet, Huawei memang tidak sesukses dan seterkenal Apple atau Samsung. Akan tetapi hingga kini mereka mampu bertahan di pasar ini. Bahkan kabarnya Huawei sedang menyiapkan tablet 4G yang akan dipasarkan pada tahun ini. Akan tetapi Powell tidak memberikan keterangan secara jelas terkait dengan hal ini. Jika memang demikian, tampaknya hal ini akan memicu produsen lain untuk ikut menanamkan teknologi 4G di dalam tablet mereka.

About Nurandi Andika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *