Si Imut Intel Edison Siap Menyapa Anda

By on September 17, 2014
edison333

Setelah kemarin secara resmi diperkenalkan pada Januari 2014 yang lalu, kini Intel Edison sudah bisa dipastikan akan mulai beredar di 65 negara pada akhir tahun ini. Rencananya, perangkat mungil ini akan dibanderol dengan harga 50 dollar AS atau sekitar 600.000 Ribu Rupiah saja. tentu saja ini harga yang sangat murah untuk perangkat canggih sekelas Intel Edison.

Kepastian peluncuran perangkat ini langsung disampaikan oleh CEO Intel Brian Kraznic dalam pidatonya dalam pembukaan ajang tahunan Intel Developer Forum 2014 pada Selasa di San Francisco Amerika Serikat. Intel Edison sendiri merupakan sebuah komputer mungil dengan ukuran yang hanya sebesar kartu memori SD card saja.

Walaupun mini, tapi Intel Edison ini bisa bekerja sama seperti komputer pada umumnya, dimana perangkat ini dilengkapi dengan RAM LPDDR2, serta memori flash NAND dan konektivitas WiFi serta Bluetooth versi terbaru.

Sebagai sebuah komputer dengan bentuk mungil, Intel Edison ini bisa langsung terhubung dalam perangkat pendamping komputer lainnya, seperti monitor, keyboard, mouse serta board expansion melalui port USB yang tersedia dalam perangkat ini.

Intel Edison ini secara khusus dibangun dengan basis prosesor Intel Quark 22 nm. Secara khusus, Intel Edison ini sengaja ditujukan untuk perangkat wearable device dan produk elektronik pintar lainnya untuk konsumen yang mendambakan perangkat yang ringkas. Selain itu, ukuran fisik dan konsumsi daya perangkat ini juga sangat mini, sehingga akan lebih menghemat tempat dan daya.

Saat ini, Intel sendiri memang tengah menyasar segmen wearable computing. Menurut Kraznich, Intel Edison ini bisa dibilang sudah mampu menjadi jembatan untuk mewujudkan misi Intel serta bagian dari Internet of Things yang ingin menghubungkan semua perangkat dengan jaringan internet berteknologi tinggi.

Disana, setdapat sebuah microcontroller yang bisa diprogram pada Edison, dimana perangkat ini berperan untuk mengatur input serta output dan berbagai macam fungsi dasar komputer lainnya, sedangkan core prosesornya yang menggunakan arsitektur x86 ini secara khusus bisa menjalankan OS open source Linux dan sistem operasi lainnya yang populer untuk komputer.

Berkat sifatnya yang fleksibel dan sangat irit tempat, Intel Edison ini bisa dijadikan sebagai perangkat komputasi apapun yang anda butuhkan. Sekarang tinggal bagaimana kreativitas dan kemampuan pemrograman para pengembang aplikasi atau para developer saja dalam mengembangkan perangkat ini.

Untuk itulah, secara khusus Kraznich mengajak para developer untuk bisa memaksimalkan kemampuan Intel Edison ini sampai bisa menjadi produk yang sangat berguna untuk kehidupan umat manusia di masa depan. Guna menampung hasil karya developer ini, secara khusus Intel telah menyediakan toko aplikasi yang memang didesain khusus untuk perkembangan dan kebutuhan aplikasi Intel Edison.

 edison

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *