Project Ara Kini Mulai Siapkan Tablet Jangkrik

By on February 11, 2016
Project Ara

Masih ingat dengan Project Ara miliki Google? Ya, kabar terbaru menyebutkan jika raksasa search engine tersebut rupanya tidak hanya menyiapkan Project Ara dalam bentuk smartphone saja, Google pun kini dikabarkan tengah mempersiapkan perangkat Tablet baru dengan konsep tablet jangkrik.

Istilah tablet jangkrik sendiri merujuk kepada perangkat modular, yang nantinya pengguna akan diberi kebebasan untuk memilih komponen yang mau dipasangkan pada produk elektronik yang dibuatnya nanti. Dengan kata lain, di Indonesia sendiri istilah jangkrik bisa disebut dengan rakitan.

Kembali ke masalah tablet jangkrik buatan Google. Kepadtian mengenai kehadiran tablet jangkrik ini muncul pertama kali dalam sebuah hasil pemerisaan benchmark dalam situs GFXBench, dimana yang muncul dengan nama Google Project Ara hadir dengan mengusung kode A8A01.

Berdasarkan data yang muncul di situr pengjuan perangkat elektornik tersebut diketahui jika tablet jangkrik milik Google ini akan hadir dengan bentangan layar 13,8 inch berresolusi 1920×1080 pixel. Untuk ukurannya sendiri, lebih besar ketimbang iPad Pro dengan layar 12,9 inch.

Untuk masalah spesifikasi yang diusungnya, seperti dilansir dalam Slash Gear, tablet jangkrik Google ini hadir dengan jeroan yang cukup mumpuni. Tapi sayang, perusahaan ini tidak menyematkan prosesor baru, dimana mereka lebih membenamkan prosessor Snapdragon 810 didalamnya.

Mengenai RAM yang diusungnya, tablet jangkrik Google ini hadir dengan kapasitas RAM 3GB, dengan GPU Adreno 430 yang digunakan untuk memproses performa layar. Sedangkan untuk kapasitas memori internalnya, tablet ini hadir dalam dua versi, yakni versi 10GB dan versi 25GB.

project-ara-theverge-2_1020

Sampai saat ini, belum ada informasi yang meyakinkan kapan perangkat tablet jangkrik ini akan mulai diluncurkan. Tidak hanya itu, pihka Google pun maish belum mengonformasi mengenai kemunculan tablet Project Ara tersebut.

Hanya saja, perangkat Project Ara merupakan salah satu masa depan Google yang cukup cerah. Bagaiman tidak, nantinya pengguna akan diberi kebebasan untuk bisa memilih spesifikasi sesuai dengan yang dibutuhkan pengguna, seperti kamera, RAM atau bahkan GPU.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *