Tips Optimalkan Performa Hardisk dan Bersihkan PC dari ‘Sampah’ Data

By on September 28, 2013
5, Tips Optimalkan Performa Hardisk dan Bersihkan PC dari _Sampah_ Data

Terlalu banyak ‘sampah’ data atau data yang tidak terpakai lagi di PC hanya akan mengurangi performa komputer/ PC/ Laptop itu sendiri. Tentu saja berkurangya performa PC/ laptop akan sangat mengganggu pekerjaan Anda. Proses loading menjadi lebih lama, komputer sering hang dan bahkan mati sendiri akan sering Anda alami bila performa komputer/ PC/ laptop Anda buruk.  Satu-satunya solusi untuk mengembalikan performa komputer/ PC/ laptop Anda adalah dengan membuang data-data yang sudah tak dipakai lagi.

Data-data yang tak terpakai ini biasanya berasal dari file-file yang entah darimana dan di mana serta program-program yang diinstal. Data-data ini kemudian menumpuk dan memakan kapasitas storage komputer/ PC/ laptop Anda. Dampaknya, saat Anda akan menyimpan data penting ke komputer/ PC/ laptop, kapasitas memorinya tidak cukup lagi untuk melakukan penyimpanan data. Lantas, bagaimana caranya agar ‘sampah’ data dihapus dan mengoptimalkan kembali performa komputer/ PC/ laptop? Anda akan tahu melalui beberapa tips seputar optimalkan performa hardisk dan bersihkan PC dari ‘sampah’ data berikut ini.

Pertama, sortir data-data yang ada di komputer Anda terlebih dahulu. Kemudian buang data yang tak perlu dan bersihkan PC/ komputer. Anda pastinya tahu data mana saja yang akan Anda hapus. Bila perlu, hapus data berkapasitas besar yang sudah tidak diperlukan lagi. Dengan cara ini, sistem komputer tidak akan terganggu lagi.

Cara di atas adalah cara yang paling sederhana. Ada beberapa cara membersihkan hardisk dari ‘sampah’ data yang lainnya. Salah satunya ialah dengan menggunakan analisa kapasitas Hardisk. Melalui analisa kapasitas hardisk ini, Andaa akan mengetahui data apa saja yang memakan kapasitas hardisk komputer Anda. kemudian analisa kapasitas hardisk ini juga akan menunjukan letak-letak data berkapasitas besar dengan instan. Dengan cara instan pula Anda bisa langsung menghapus data tersebut bila memang sudah tidak diperlukan lagi.

Cara membersihkan ‘sampah’ data dan mengoptimalkan performa hardisk lainnya yaitu dengan membersihkan Temporary File. Temporary File merupakan file yang masih dibutuhkan untuk waktu sementara. Artinya Anda bisa menghapus file-file tersebut saat Anda sudah tidak membutuhkan lagi. Penghapusan file-file ini tidak akan merusak atau mengganggu sistem komputer Anda.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *