Tips Merakit Komputer untuk Game

By on September 26, 2013
5.Tips Merakit Komputer untuk Game1

Salah satu cara memainkan game adalah dengan menggunakan komputer. Banyak sekali game menggunakan komputer baik game yang online atau offline. Walaupun hanya digunakan untuk bermain tetapi nyatanya komputer tersebut membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Bahkan komputer untuk game harus menggunakan spesifikasi khusus untuk memaksimalkan kebutuhan grafis dan kecepatan olah data sebuah game. Faktanya, komputer untuk game memang membutuhkan dana yang cukup besar jika dibandingkan dengan komputer untuk keperluan kerja sehari-hari. Tapi bagi mereka yang sangat menyukai game maka harga tidak akan menjadi masalah asalkan mereka bisa memainkan game favorit mereka.

Lalu, bagaimana cara merakit komputer untuk game? Tentunya, Anda harus mempelajari hal ini untuk mendapatkan komputer yang benar-benar sesuai dengan harapan Anda. Setidaknya,  Anda bisa bermain game favorit secara maksimal dan puas. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat merakit komputer untuk game adalah mengenai pemilihan prosesor. Karena Anda ingin merakit komputer untuk bermain game maka ada baiknya mencari prosesor dengan Clock Speed yang tinggi. Selain itu, pastikan juga jika prosesor tersebut memiliki L Cache besar karena ini berguna untuk menjembatani aliran data antara prosesor dan RAM. Kemudian, Anda juga harus memperhatikan pemilihan Mainboard. Untuk yang satu ini, Anda harus memilih mainboard yang memiliki Capacitor Solid. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena komputer Anda akan bekerja ekstra dan dengan menggunakan capacitor berdaya tahan yang tinggi maka pasokan arus listrik ke komponen lain akan terjaga. Penggunaan mainboard yang tepat juga akan berguna untuk proses overclocking.  Pastikan bahwa Anda memilih mainboard dengan slot PCI yang lebih banyak. Umumnya, komputer game membutuhkan interface multimedia tambahan seperti Blaster Card. Karena mainboard Anda sudah memiliki slot PCI yang banyak maka menambahkan interface multimedia tidak akan menjadi masalah. Ukuran mainboard jenis ini lebih besar dan saat dipasang akan memenuhi dinding casing. Gunakan pula RAM (Random Access Memory) dengan kapasitas yang besar. Lihat informasi mengenai kecepatan transfer ratenya karena semakin besar maka akan semakin baik. Contohnya, jika Anda meliha PC 6400 maka artinya RAM melakukan transfer dengan kecepatan 6.400 megabit per detik.

Selain memperhatikan kelengkapan mainboard, Anda juga harus memilih chipset mainboard yang tepat. Chipset disesuaikan dengan jenis prosesor. Sebagai saran, gunakan prosesor milik Intel karena kinerjanya sangat optimal khususnya jika dipasangkan dengan chipset dari NVDIA. Selain itu AMD juga akan optimal jika dipasangkan dengan ATI. Pemilihan VGA Card komputer untuk game juga harus menyesuaikan dengan jenis prosesor. Pilih juga power supply dan hardisk yang tepat . Contohnya, Anda harus memilih power supply yang tinggi seperti dengan watt 450 ke atas. Sedangkan untuk hardisk disarankan untuk menggunakan hardisk SATA karena kecepatannya yang tinggi dibandingkan dengan ATA. Gunakan hardisk dengan rata-rata putar 7.200 RPM.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *