Tips Cek Apple Macintosh Sebelum Membelinya

By on January 7, 2014
5. Tips Cek Apple Macintosh Sebelum Membelinya 1

Apple Macintosh adalah sebuah komputer yang memiliki daya tarik tinggi. Banyaknya orang yang tertarik dengan komputer yang satu ini, mereka rela merogoh kocek hanya untuk membeli komputer Mac second yang dijual di toko online seperti eBay dan jenis toko online lainnya. Namun sayang perangkat yang baru mereka beli tidak disertai layanan garansi. Akibatnya jika terjadi sesuatu pada perangkat yang sudah dibeli, saat terjadi kerusakan dan masalah lainnya pada perangkat, butuh dana lebih untuk memperbaikinya agar bisa beroperasi seperti semula. Nah, agar terhindar dari kasus di atas, sangat penting bagi Anda untuk memeriksa perangkat sebelum membelinya. Ada beberapa jenis peralatan yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa perangkat komputer Apple Macintosh. Sebut saja USB drive, microphone, headphone, cakram CD dan DVD, kabel Ethernet, dan kartu SD. Dengan beberapa jenis alat ini, pemeriksaan hardware Mac dapat Anda lakukan sendiri.

Periksa kondisi fisik

Bagian pertama yang harus Anda periksa adalah bagian terluar atau fisik komputer Apple Macintosh yang akan Anda beli. Periksa dengan teliti apakah ada kerusakan atau tidak. Beberapa bagian yang wajib Anda periksa adalah bagian engsel layar, pengait layar, keyboard, dan sejumlah tombol khususnya tombol power.

Periksa keadaan drive dan ports

Periksa  sumbatan pada port atau drive laptop dengan menggunakan senter. Kemudian periksa dengan menggunakan USB, DVD, CD Disc, drive FireWire, microphone, dan headphone. Dengan menggunakan beberapa alat ini Anda dapat mendeteksi bila ada bagian port atau drive yang  mengalami kerusakan. Ada satu bagian yang sulit dideteksi kerusakannya pada beberapa perangkat Mac yang memiliki sistem lama. Bagian tersebut adalah port ExpressCard.

apple, macintosh, pc, ios,

Periksa ‘dalaman’

Jangan lupa untuk periksa bagian dalam/ perangkat bagian dalam komputer. Jika Anda menemukan adanya area yang kekurangan cairan residu, sebaiknya pikir-pikir lagi untuk membelinya.

Periksa fungsi perangkat hardware

Hardware adalah bagian yang paling penting pada perangkat komputer. Maka dari itu penting bagi Anda untuk memeriksanya secara detail. Jika kerusakan hanya berupa goresan, mungkin masih bisa diperbaiki dan tidak berpengaruh pada fungsi hardware itu sendiri. Akan tetapi terjadi kerusakan pada sistem hardware,  maka Anda harus memeriksakannya pada yang ahli. Anda juga bisa memeriksanya sendiri dengan melakukan booting. Proses booting perlu menggunakan Apple Hardware Test Suite. Pengujian perangkat hardware pada komputer Mac bersistem lama ini sangat bermanfaat bila Anda benar-benar yakin akan membeli perangkat Apple Macintosh ini.

Bila Anda mempunyai drive testing seperti TechTool Pro atau Disk Tools Pro, Anda bisa menggunakanya untuk menampilkan semua bagian shard drive dan integritasnya. Alat ini juga bisa Anda gunakan untuk memeriksa kerusakan pada bagian media penyimpanan pada komputer Mac.

apple, macintosh, pc, ios,

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *