Membuat komputer Murah Untuk Ngegame

By on December 3, 2013
5. Membuat  komputer Murah Untuk Ngegame 1

Dijaman konsol-konsol game berteknologi tinggi seperti PS4 dan Xbox One bertebaran dimuka bumi, fungsi komputer masih tetap tak tergantikan. Jika mau jujur-jujuran, komputer yang dipunyai oleh sebagian besar mahasiswa dan juga masyarakat Indonesia, lebih sering dibuat ngegame daripada dibuat bekerja yang produktif. Komputer masih menjadi alat bermain game yang paling digemari karena selain bisa mengakomodasi berbagai jenis game yang sedang tren, komputer juga masih tergolong murah jika dibandingkan dengan PS4 atau Xbox.

Harga komputer ini masih bisa lebih murah lagi jika Anda mampu untuk merakitnya sendiri. Membuat komputer sendiri untuk ngegame sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan karena setiap bagian dari komponen komputer tidak akan pernah tertukar atau salah tempat. Hal  ini karena setiap bagian mempunyai desain tempat yang sudah sesuai dengan bentuk dan peruntukannya. Oleh sebab itu jika Anda memiliki uang yang mepet untuk membeli komputer, maka lebih baik Anda rakit sendiri saja komputer tersebut.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan Anda beli untuk membuat sendiri komputer Anda. Yang pertama Anda perlukan adalah menentukan prosesornya terlebih dahulu. Sebuah komputer yang dipergunakan untuk bermain game pasti membutuhkan kartu grafis yang mumpuni, untungnya saat ini banyak sekali paket prosesor yang sudah memiliki kemampuan grafis yang terintegrasi sehingga Anda tidak perlu membeli kartu grafis secara terpisah. Sebagai contoh, Anda bisa membeli prosesor AMD APU A10-5800K seharga 1,3 jutaan.

 

Sebagai pasangant prosesor, jelas Anda akan membutuhkan motherboard, baik sebagai tempat memasang prosesor ataupun mendukung part komputer yang lain. Untuk prosesor A10-5800K maka motherboard yang paling cocok adalah yang mempunyai socket FM2 dengan chipset berkode A75 atau A85 yaitu semisal motherboard ASROCK FM2A75M yang hanya berkisar 700an ribu rupiah. Jika Anda punya uang lebih, pilihlah chipset A85 yang lebih mahal namun berperforma lebih baik.

Untuk mendukung kerja prosesor maka RAM dibutuhkan dan RAM minimal yang baik untuk membuat komputer sendiri adalah DDR3-1333 atau yang lebih tinggi dengan besaran 4GB atau lebih tinggi lagi. Semakin tinggi besar RAM maka semakin optimal kerja prosesor Anda. Harga memory RAM biasana berkisar 400-500 ribuan saja. Jangan lupa Anda harus membeli harddisk untuk penyimpanan data game atau data pekerjaan Anda jika sesekali Anda pergunakan komputer ini untuk bekerja.

Hard disk yang cocok dalam percobaan membuat komputer sendiri ini adalah WDC SATA III Blue 320GB seharga 525 ribu. Ruangan yang lumayan besar di hard disk sangat dibutuhkan untuk menyimpan game-game besar yang biasanya menyita lebih dari 2GB space hard disk. Untuk keperluan power, Anda membutuhkan power supply yang cukup mumpuni seharga 500an ribu. Selain itu kelengkapan seperti mouse, keyboard dan casing juga harus diperhatikan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *