Komputer Mati Mendadak, Ini Sebabnya

By on December 10, 2013
5.Komputer Mati Mendadak, Ini Sebabnya1

Anda tentu tidak bisa melewatkan hari tanpa berurusan dengan komputer. Anda akan menggunakan komputer untuk melakukan banyak hal termasuk untuk melakukan pekerjaan. Nah, saat menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan, Anda pastinya akan sangat jengkel jika komputer mati mendadak sementara pekerjaan tersebut belum selesai dan bahkan belum tersimpan. Usaha Anda jadi sia-sia karena Anda harus mengulang lagi dari awal.

Kasus komputer yang mati secara tiba-tiba bukan  hal yang jarang ditemui oleh banyak orang. Penderitaan akibat komputer yang mogok bekerja secara tiba-tiba tidak hanya dialami oleh Anda sendiri karena ada banyak orang di seluruh dunia yang mengalami kondisi yang sama. Nah, rupanya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya situasi ini.

Salah satu penyebab berhenti bekerjanya komputer secara tiba-tiba tak lain dan tak bukan adalah aliran listrik yang terputus. Hal ini sudah sangat umum dialami oleh banyak orang terlebih jika Anda menggunakan komputer yang tidak dilengkapi dengan UPS untuk menyuplai daya listrik cadangan. Kondisi ini juga bisa terjadi pada laptop yang hanya disambungkan dengan adapter tanpa baterai yang terpasang. Listrik yang padam baik karena pemadaman bergilir atau meteran listrik yang turun sering terjadi di Indonesia dan sebaiknya Anda menyiapkan UPS agar komputer Anda tidak mengalami kerusakan akibat putusnya aliran listrik secara tiba-tiba.

Sebab lain yang membuat komputer mati mendadak adalah overheat atau kepanasan yang dialami oleh komputer Anda. Kondisi ini sering dialami oleh banyak orang terutama yang menggunakan perangkat komputer dengan spesifikasi rendah sehingga mempunyai banyak masalah di dalamnya. Komputer bisa mengalami kepanasan akibat prosesor yang terbatas atau kerusakan di bagian tertentu komputer seperi kipas pendingin atau komponen VGA maupun penggunaan komputer dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Komputer bisa mati tiba-tiba jika program yang dijalankan melalui komputer terlalu berat karena perangkat keras yang ada sebenarnya tidak mendukung program yang dijalankan. Prosesor yang bekerja terlalu berat akan menimbulkan peningkatan suhu sehingga komputer akan mati secara tiba-tiba. Selain itu, komputer juga bisa tiba-tiba mati jika power supply rusak.

Pada beberapa kasus, komputer mati mendadak merupakan gejala terjangkitnya virus di komputer Anda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan anti virus untuk mencegah kondisi yang kurang menguntungkan ini. Komputer yang mati bisa pula dikaitkan dengan overclock BIOS. Agar CPU tidak bekerja terlalu keras, sebaiknya Anda memberikan pendinginan yang tepat saat menggunakan komputer.

Komputer yang mati tiba-tiba membuat Anda berpikir bahwa pasti ada yang salah dengan perangkat keras maupun perangkat lunak dalam komputer Anda, tetapi sebenarnya kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kabel-kabel yang tidak terpasang dengan baik. Hal ini terdengar sepele, tetapi tidak ada salahnya Anda mengecek kabel satu per satu jika menemui komputer yang tiba-tiba mati.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *