Cara Sederhana Mengetahui Error Pada Komputer

By on November 10, 2013
5.Cara Sederhana Mengetahui Error Pada Komputer1

Ada beberapa masalah umum yang sering terjadi pada komputer Anda. Beberapa diantaranya adalah restart sendiri, blue screen, susah masuk windows, dan lain sebagainya. Masalah tersebut juga memiliki gejala yang berbeda-beda untuk setiap komputer. Jika Anda sudah terbiasa dengan masalah tersebut, Anda dapat memperbaikinya dengan mudah.

Masalah lainnya adalah jika ternyata Anda tidak tahu menahu jika komputer Anda tersebut menjadi sering error. Tentu saja, Anda akan kesulitan memperbaiki komputer kesayangan Anda tersebut. Sebenarnya, ada beberapa cara mengetahui error pada komputer Anda. Error bisa disebabkan oleh RAM pada komputer Anda.

Ada beberapa tanda jika error tersebut disebabkan oleh RAM. Contohnya, saatproses booting akan terdengar suara bip. Suara tersebut akan terdengar berulang-ulang. Jika komputer Anda kerap kali hang secara tiba-tiba maka waspadalah. Kemungkinan besar ada masalah pada RAM komputer Anda. Selain itu, akan sering sekali terjadi blue screen dan crash.

Ada pula error yang disebabkan oleh hardisk. Adabeberapa cara mengetahui error pada komputer jika disebabkan oleh hardisk. Perhatikan saat Anda menyimpan fileatau data pada hardisk. Jika proses penyimpanan menjadi lambat maka bisa jadi komputer Anda akan mengalami error. Tanda lainnya adalah komputer Anda menjadi sangat susah untuk masuk dalam windows.

Kemudian, terdapat bad sector pada saat scan. Waspadalah jika bad sector terjadi berulang-ulang. Error tidak hanya disebabkan oleh RAM dan Hardisk tetapi juga disebabkan oleh Motherboard. Biasanya komputer Anda akan menjadi lumpuh total bahkan tidak bisa menyala sama sekali. Tanda-tanda awal sebelum lumpuh total adalah komputer Anda sering tiba-tiba mati ketika digunakan.

Ada pula kasus dimana komputer tetap bisa menyala tetapi tidak ada respon dari monitor. Biasanya, layar monitor menunjukkan warna hitam untuk waktu yang sangat lama. Bagaimana jika setelah diteliti tapi error tidak disebabkan oleh hal-hal yang disebabkan di atas? Masih ada satu lagi cara mengetahui error pada komputerkesayangan Anda.

Jika memang tidak disebabkan oleh RAM, Hardisk dan Motherboard, maka ada kemungkinan bahwa error disebabkan oleh Power Supply. Ada beberapa tanda jika error disebabkan oleh power supply. Jangan anggap remeh jika Anda mencium bau gosong saat mengoperasikan komputer. Biasanya bau gosong tersebut tercium di sekitar CPU.

Umumnya, kipas PSU akan berputar jika komputer dinyalakan. Jika terjadi error pada power supply, maka kipas PSU tidak berjalan atau mati. Selain itu, Anda akan mengalami kesulitan saat akan memasuki BIOS. Nantinya, komputer Anda akan sering restart dengan sendirinya. Kenali tanda-tanda error pada komputer tersebut di atas.

Setidaknya, setelah Anda tahu tanda-tandanya, Anda bisa mencari asal muasal error tersebut. Kemudian, Anda bisa mulai mencari cara untuk memperbaiki komputer kesayangan Anda tersebut sehingga Anda bisa menggunakannya dengan normal seperti sedia kala.

 

About

2 Comments

  1. jumadi

    November 14, 2013 at 4:46 pm

    laptop saya saat start bunyi bip tiga kali bahkan lebih. trus saat mengetik ada beberap tuts board tidak ber fungsi. masalahnya apa ya bung?

    • Tilla Nirsani

      November 18, 2013 at 3:01 am

      coba dibuka cpunya biasanya itu karena kena basah. sebelumnya pernah terkena basah mungkin tidak menyadarinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *