Benarkah Microsoft Akan Menggratiskan Sistem Operasi WP8?

By on December 13, 2013
3 microsoft 1

Baru-baru ini, pihak Microsoft dikabarkan akan menggratiskan sistem operasinya. Sistem operasi yang bakalan digratiskan itu yakni Windows Phone dan Windows RT. Keputusan Microsoft ini akan diberikan kepada vendor alias pembuat perangkat mobile.

Keputusan Microsoft menggratiskan WP8 ini adalah dengan tidak memungut biaya kepada para vendor yang ingin menggunakan sistem operasinya. Jadi para pembuat perangkat lunak smartphone tidak akan dikenakan biaya jika ingin menggunakan sistem operasi keluaran Microsoft dalam pembuatannya.

Hm, sebenarnya apakah yang sedang terjadi? Mengapa Microsoft menggratiskan WP8?

Microsoft Mau Menyaingi Android?

Rupanya, Microsoft benar-benar serius dalam memutuskan hal ini. Biaya lisensi benar-benar akan dibebaskan pada para vendor. Hal ini rupanya dilakukan Microsoft untuk menyaingi pasar Android. Memang saat ini Android sedang laris manis di pasaran, dan bahkan menyaingi smartphone dengan sistem operasi keluaran Microsoft itu sendiri.

Selain itu, mengapa Microsoft menggratiskan WP8 ini karena untuk memperbesar pasar Windows Phone. Jadi semakin banyak vendor yang berminat dengan sistem operasi dengan biaya lisensi gratis dari Microsoft, maka akan semakin banyak pula smartphone yang dihasilkan. Hal ini tentunya akan memperluas pangsa pasar Microsoft.

Bahkan dulu dikabarkan bahwa Microsoft sempat mendekati perusahaan smartphone besar seperti HTC, LG, dan juga Samsung. Micorosft berani menawarkan potongan harga biaya lisensi untuk sistem operasi Windows Phone. Namun sekarang, tidak hanya potongan lagi. Microsoft berani menggratiskan biaya lisensi kepada para vendor yang ingin menggunakan sistem operasi keluaran Microsoft.

Apakah Microsoft Tidak Mengambil Untung?

Dengan menggratiskan biaya lisensi, lalu darimana Microsoft akan mendapatkan uang? Tentunya hal ini sudah dipikirkan oleh mereka, jadi mereka bukan melakukan hal ini tanpa ada alasan. Microsoft memang menggratiskan WP8, akan tetapi mereka tetap akan mendapatkan uang dari hal-hal lain selain menjual sistem operasi yang sekarang sudah digratiskan. Hal ini sengaja diakukan untuk menutup biaya lisensi yang sudah digratiskan.

Hal-hal itu salah satunya adalah dengan beriklan. Sekarang ini, Microsoft sedang melakukan eksperimen tentang iklan. Aplikasi-aplikasi di Windows Phone 8 merupakan sasaran tayangan iklan tersebut. Hal ini memang sengaja dilakukan Microsoft untuk mencari pendapatan.

Apakah hanya aplikasi di Windows Phone yang menjadi sasaran tayangan iklan? Ternyata, Microsoft juga mengajak beberapa situs di internet untuk beriklan. Salah satunya adalah situs mesin pencari, yaitu Bing. Jadi jika Anda membuka Bing nantinya Anda akan melihat iklan-iklan dari Microsoft yang memadati tampilan mesin pencari itu.

Selain beriklan, Microsoft juga akan melakukan hal lain. Yakni dengan menjual aplikasi dan game berbayar di Windows Phone Store. Kemudian mereka juga akan menawarkan kepada para user untuk berlangganan Office, Skype, dan SkyDrive. Hal ini tentunya akan menyumbang pendapatan untuk Microsoft.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *