Aplikasi DiskWave Biar Hemat Ruang Penyimpanan

By on December 13, 2013
5.Aplikasi DiskWave Biar Hemat Ruang Penyimpanan1

Microsoft boleh saja menjadi meluncurkan sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang jatuh cinta dengan Mac yang dimiliki oleh Apple. Ya, ada banyak alasan yang membuat banyak orang menjatuhkan pilihan pada Mac daripada perangkat komputer dengan basis sistem operasi lain. Performa yang prima boleh jadi menjadi salah satu alasan dipilihnya Mac untuk keperluan teknologi.

Namun, Mac bukannya produk yang sepenuhnya sempurna karena seringkali pengguna Mac harus menghadapi kondisi ruang disk yang penuh pada perangkat Mac tanpa tahu data apa saja yang memenuhinya. Penuhnya disk bagi banyak orang menjadi masalah pelik karena performa komputer mereka menjadi lebih lambat. Nah, jika Anda menghadapi masalah yang sama, Anda bisa menggunakan aplikasi DiskWave yang tersedia untuk Mac dengan gratis. Aplikasi ini akan membantu Anda memindai drive Mac Anda dan menunjukkan file dengan kapasitas paling besar dalam disk Anda.

Setelah menemukan file dengan ukuran yang paling besar, Anda bisa memilah file yang harus Anda hapus sehingga ruang disk pada perangkat Mac Anda bisa lebih bebas dan performa Mac Anda pun juga akan menjadi semakin cepat. Dengan aplikasi ini, Anda bisa dengan cepat menemukan file paling besar dan Anda bisa menentukan seberapa penting file tersebut sebelum bisa Anda hapus untuk membebaskan ruang disk.

Cara Kerja

Saat menjalankan aplikasi DiskWave untuk pertama kalinya, Anda akan melihat tampilan berupa drive Anda dan beberapa foler utama yang terletak pada panel sebelah kiri. Anda cukup memilih drive and proses pemindaian akan berjalan. Setelah proses pemindaian selesai, Anda akan menemukan folder dengan kapasitas paling besar dan file dengan kapasitas terbesar dalam folder tersebut. Folder and file tersebut akan muncul dalam warna merah. Anda perlu mengecek folder paling besar tersebut dan mencari video yang terlupakan, game besar yang sudah tak lagi dimainkan, dan folder Library yang mungkin menyimpan file yang tak lagi berguna.

Jika Anda tidak yakin dengan ukuran file yang sebenarnya, Anda cukup memilih file dan menggunakan tombol Quicklook atau spasi untuk melihat ringkasan file tersebut. Anda juga bisa menggunakan “file size unit” untuk melakukan perubahan pada satuan ukuran hitung file, “sort files by” untuk mengurutkan file, dan “show invisible files” untuk menunjukkan file tersembunyi.

Alternatif Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi DiskWave, Anda juga bisa memangkas penggunaan ruang disk pada perangkat Mac Anda dengan menggunakan Daisy Disk yang menampilkan rincian berguna dari setiap file dalam setiap drive dalam bentuk visualisasi. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk menemukan file dengan kapasitas besar meskipun Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengeksplorasi atau menghapus file secara langsung. Jika DiskWave bisa Anda gunakan dengan gratis, Anda harus membeli aplikasi Daisy Disk seharga $20.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *