Office Untuk iPad Resmi Diluncurkan

By on March 28, 2014
office-ipad

Menurut informasi terakhir yang beredar, pihak Microsoft hampir dipastikan akan segera merilis aplikasi perkantoran populer mereka, Microsoft Office untuk tablet iPad. Berdasarkan lansiran dari laman ZDNet, aplikasi Office tersebut sudah tersedia dan telah diumumkan secara resmi oleh CEO Microsoft yakni Satya Nadella di San Fransisco, California Kamis 27 Maret 2014 kemarin sekitar jam 10 pagi waktu setempat atau Kamis malam waktu Indonesia Bagian Barat.

Acara peluncuran Microsoft Office untuk iPad tersebut disiarkan secara live streaming di berbagai penjuru dunia melalui laman Microsoft News Center. Sebelumnya, Microsoft memang telah diinformasikan bahwa mereka bekerja keras supaya dapat menghadirkan perubahan yang cukup siginifikan pada aplikasi Office untuk iPad tersebut. Proses pengerjaan ulang yang telah dilakukan Microsoft tersebut sengaja dilakukan supaya sesuai dengan tipikal para pengguna iPad sehingga para pengguna pun bisa merasakan pengalaman terbaik ketika menggunakan Office tersebut di iPad.

Langkah Microsoft ini dinilai cukup menarik mengingat sebelumnya, pihak Microsoft terkesan alergi pada para pengguna iPad dan berusaha untuk menyaingi popularitas dari tablet besutan Apple tersebut dengan cara merilis tablet Surface. Akan tetapi dengan langkahnya untuk menghadirkan Office pada iPad, para analis pun menilai bahwa Microsoft ingin mengeruk potensi pendapatan sebesar USD 2,5 miliar dari para konsumen iPad.

Microsoft Office untuk iPad ini akhirnya memang resmi diluncurkan. Tetapi jika melihat sejarahnya, rencana untuk mengadopsi paket aplikasi perkantoran tersebut ke tablet besutan Apple ini memang sudah terdengar sejak dari tahun 2013 yang lalu. Itu berarti bahwa Microsoft membutuhkan waktu kurang lebih tiga tahun untuk dapat melepasnya ke publik.

Lalu kenapa proses peluncuran Microsoft Office tersebut begitu lama? Ini bukanlah sesuatu yang sepele, kami membutuh waktu untuk dapat membuat aplikasi pada perangkat lain yang berada di luar produk yang berjalan di platform Windows, kata CEO Microsoft yang bernama Satya Nadella.

Nadella dalam suatu wawancara menjelaskan bahwa pihaknya tersebut ingin mendapatkan formula yang paling tepat untuk hal ini. Formula yang dimaksud adalah kombinasi dari aplikasi, arsitektur enterprise serta pengembang Application Programming Interface atau API  dan kemudian perlu menyatukan ketiga hal tersebut dengan perangkat yang diharapkan para pengguna.

Selain itu, sebelumnya ada juga rumor yang menyebutkan bahwa Microsoft telah menyiapkan Microsoft Office untuk Window 8 yang sangat touch-friendly. Mereka  akan mempertahankan komitmen mereka untuk dapat membawa aplikasi tersebut ke dalam platform Windows. Kami telah berkomitmen untuk dapat memastikan aplikasi sentuh pertama ini masuk pada Windows 8, kata Nadella. Tetapi  setelah rumor tersebut beredar, Ternyata Microsoft Office untuk iPad langsung diumumkan oleh Microsoft.

Aplikasi tersebut dapat anda unduh secara gratis. Anda akan mendapatkan akses ke aplikasi seperti Word, Excel dan juga PowerPoint. Tetapi Jika ingin versi yang lebih lengkap maka anda harus berlangganan Office 365 untuk mendapatkannya.

Office for iPad mock image office-ipad

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *