MS-DOS dan Word for Windows Bisa Diunduh Gratis

By on March 28, 2014
2.MS-DOS dan Word for Windows Bisa Diunduh Gratis 1

Kabar baik datang dari Microsoft. Pasalnya, Microsoft bersama dengan Computer History Museum baru-baru ini memutuskan untuk menjalin kerja sama, yang mana belum pernah dipikirkan oleh programer manapun, untuk melepas OS atau sistem operasi MS-DOS dan juga aplikasi Word for Windows. Saat ini, kedua OS tersebut sudah bisa diakses dan diunduh secara gratis untuk siapa saja.

Source code atau kode program untuk MS DOS 1.1 dan 2.0 sudah tersedia di situs Computer History Museum dan sudah bisa Anda akses sekarang. Untuk Microsoft Word for Windows 1.1 sendiri, sudah berhasil dipublikasikan dengan lisensi non komersial atau bukan untuk tujuan komersial, yang mana sangat melarang para pengguna untuk menyebar luaskan program tersebut di internet. Roy Levin, yang mana sekarang menjabat sebagai seorang programer di Microsoft serta adalah seorang direktur Microsoft Research mengatakan bahwa langkah yang ditempuh oleh Microsoft dan mempublikasikan Word for Windows dan MS-DOS tersebut adalah untuk menunjukkan bahwa sesuatu hal yang besar dapat dimulai dari hal yag paling kecil sekalipun.

aplikasi komputer, ms-dos, word for windows, gratis, komputer

Seperti yang dikutip oleh PC World pada hari Selasa lalu, tertanggal 25 Maret 2014, Levin mengungkapkan kekagumannya pada perkembangan pesat Microsoft.
“Luar biasa rasanya jika mengingat kembali pada masa dulu, Microsoft hanya memiliki karyawan kurang dari seratus orang, dan source code produknya (MS-DOS) hanya berukuran kurang dari 300 KB,” ujar Levin. “Kini Microsoft telah menjual lebih dari 200 juta lisensi Windows 8 dan Microsoft Office, serta dipakai lebih dari 1 miliar orang,” Sambungnya. Levin juga menambahkan bahwa bisa jadi produk besar yang akan dihasilkan oleh Microsoft berupa sesuatu yang kecil, seperti Word for Windows dan MS-DOS tadi.

Menurut Levin, berkat Computer History Museum, kode program atau source code yang mana merupakan salah satu bagian paling penting dari Microsoft dapat dilestarikan dan sangat tersedia untuk publik secara gratis. Yang mana, nantinya source code tadi bisa dijadikan sebagai salah satu bahan pembelajaran sejarah dan juga teknik. Dalam sejarahnya sendiri, kemunculan dari MS-DOS sangat tidak bisa dipisahkan dari IBM PC. Pada tahun 1980an, dengan menggunakan OS yang dibeli dari Seattle Computer Products, Microsoft membuat OS uniknya sendiri, yaitu PC-DOS.

Menurut Computer History Museum, PC DOS dengan versi 1.0 tersebut dirilis bersamaan dengan IBM yang meluncurkan PC pertamanya pada tahun 1981, tepatnya pada bulan Agustus. Sementara itu, PC-DOS versi 2.0 dirilis bersamaan dengan IBM PC-XT pada tahun 1983 di bulan Maret. Untuk para OEM, Microsoft akhirnya memiliki lisensi OS tersebut dan memberinya nama  MS-DOS. Word for Windows saat ini, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan sebuah hasil pembaruan dari Word for DOS yang dulunya dipasarkan pada tahun 1983.

aplikasi komputer, ms-dos, word for windows, gratis, komputer

BACA JUGA:

Cara Microsoft Mendongkrak Popularitas Windows Phone

Microsoft Bagi-Bagi Hadiah 564 Ribu Rupiah Bagi Pengguna Windows XP

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *