Laptop Xiaomi Mirip MacBook Air Ternyata Hoax

By on January 2, 2015
Laptop Xiaomi Mirip MacBook Air Ternyata Hoax

Di penghujung tahun 2014 kemarin, kita dikejutkan dengan kabar yang menyatakan Xiaomi akan mengembangkan sayap bisnisnya dengan memproduksi sebuah Laptop. Yang jadi permasalahnnya, ternyata Laptop Xiaomi yang bernama Xiomi MI, ternyata memiliki tampilan yang sangat mirip dengan MacBook Air milik Apple.

Tetapi sayangnya, kabar yang sempat menghiasi headline beberapa portal berita besar tersebut ternyata Hoax atau hanya kebohongan belaka. Seperti yang dilansir dalam laman Tech in Asia, Kaylene Hong, yang merupakan Communication Manager Xiaomi, menyatakan jika kabar tentang kehadiran Laptop Xiaomi MI beberapa waktu yang lalu, merupakan sebuah kabar bohong.

Dalam pencarian Google, jika anda mengetik laptop Xiaomi MI atau Kaka K18, maka anda akan menemukan sebuah Laptop yang memiliki tombol oranye. Jika kita melihatnya dengan jelas, laptop tersebut sangat mirip dengan bocoran foto laptop Xiaomi beberapa waktu yang lalu, dimana laptop tersebut memiliki tombol oranye yang berada di sisi kanan atas keyboard. Tetapi bedanya, dalam laprop Xiaomi MI ini ada logo yang diletakan dibawah layar.

Sedangkan untuk Logo MI yang berwarna oranye yang terdapat pada foto bocoran tersebut, gambar tersebut merupakan hasil editan software. Untuk membuat foto ini meyakinkan, si pelaku cukup mengambil logo Xiaomi yang banyak terdapat di online, setelah itu mereka tinggal menempelkannya logo tersebut pada laptop aslinya yang bernama Kaka K18. Dengan langkah sesederhana tersebut, ternyata hampir semua media di dunia berhasil dikadalin oleh si pembuat foto.

Desas-desus yang menyatakan tentang bocoran laptop Xiaomi tersebut pertama kali dihembuskan oleh situs Gizmochina. Situs tersbeut sebenarnya belum diketahui reputasinya, tapi saat itu banyak orang yang langsung percaya, bahkan beberapa media besar seperti 9to5Mac, phone arena dan BusinessInsider pun akhirnya menampilkan berita tersebut.

Si pembuat fot benar-benar cerdas. Dia memanfaatkan moment setelah perusahaan asal Tiongkok tersebut sukses mendapatkan suntikan dana sebesar 1,1 miliar dollar AS. Yang jadi masalahnya, foto laptop Xiami tersebut sangat mirip dengan produk Apple yang memang belakangan ini selalu bermasalah dengan Xiami, terlebih kebiasaan Xiaomi yang sellau memunculkan perangkat yang mirip dengan produk buatan Apple.

Selain itu, berita tersebut juga diperkuat oleh Co-Founder sekaligus President of Xiaomi Lin Bin yang sempat mengatakan jika Xiaomi akan meluncurkan gadget andalannya di 2015 mendatang. tapi dalam kesempatan tersebut, Lin Bin tidak menyebutkan apa maksud dari gadget tersebut. apakah smartphone, tablet atau bahkan laptop. Hal inilah yang kemudian membuat berita ini tampak nyata.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *