Surface Book, Sang Pembunuh MacBook Pro Telah Datang!

By on October 8, 2015
3. Surface Book, Sang Pembunuh MacBook Pro Telah Datang! 2

Persaingan antara Microsoft dan Apple tampaknya akan semakin panas pada tahun ini. Setelah beberapa saat yang lalu Apple meluncurkan produk MacBoook Pro, kini Microsoft meresponnya dengan produk serupa. Nama produk terbaru yang juga merupakan laptop pertama buatan Microsoft adalah Surface Book. Microsoft sendiri menjuluki produk terbarunya ini sebagai “MacBook Pro Killer.”

Microsoft mengklaim bahwa produk terbaru ini lebih cepat dari MacBook Pro. Hal ini terdengar masuk akal karena Surface Book menggunakan prosesor generasi keenam yaitu Core i5 dan i7. Dengan prosesor ini, kecepatan peforma yang ditawarkan dapat dua kali lebih cepat dibandingkan MacBook Pro.

Layar Surface Book juga dapat dilepas dan digunakan sebagai tablet. Sayangnya, untuk melepasnya, Anda harus menekan tombol pengunci dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menjadi salah satu kekurangan produk ini, karena pada Surface Pro hal ini dapat dilakukan dengan mudah.

Untuk ukuran, Surface Book mempunyai ukuran yang lebih besar daripada MacBook Pro. Produk dari Microsoft ini 0,4 cm lebih tebal serta 2 cm lebih lebar dari MacBook Pro. Surface Book juga menang dalam hal ukuran penyimpanan internal. Bila MacBook Pro hanya mempunyai kapasitas penyimpanan seluas 512 GB, Microsoft memasang SSD dengan kapasitas 1 TB.

Kualitas layar dari Surface Book juga dapat dikatakan lebih baik daripada MacBook Pro. Layar Surface Book mempunyai resolusi yang cukup besar, yaitu 3.000 x 2.000 piksel dengan kedalaman 267 ppi. Fitur pada MacBook Pro yang cukup menonjol, yaitu Retina Display dijawab Microsoft dengan Pixel Sense. Fitur ini diklaim dapat menampilkan warna sRGB lebih sempurna.

Daya tahan baterai dari Surface Book tidak jauh berbeda dibandingkan dengan MacBook Pro. Kedua laptop ini dapat digunakan dalam keadaan normal hingga 12 jam. Sedangkan, bila Anda menggunakannya untuk berselancar di dunia maya, produk ini dapat bertahan hingga 10 jam.

Dalam hal kartu grafis, MacBook Pro mungkin terlihat lebih unggul daripada Surface Book. MacBook Pro menggunakan kartu grafis Intel Iris 6600, yang jauh lebih baik daripada Intel HD 520 pada Surface Book.

Namun, Microsoft menggunakan dua jenis kartu grafis pada produk terbarunya. Selain Intel HD 520, terdapat pula kartu dari Nvidia GeForce yang dapat diganti dan ditingkatkan. Tetapi, hingga saat ini, Microsoft belum mengumumkan jenis kartu grafis Nvidia yang digunakan ini. Sayangnya, kartu grafis tambahan ini hanya tersedia untuk versi mahal Surface Book.

Ukuran RAM kedua produk ini sama, yaitu 8 GB. Namun, Microsoft menawarkan pilihan untuk meningkatkan RAM Surface Book hingga 16 GB.

Untuk harga, Surface Book dijual dengan harga antara US$ 1.499 hingga US$ 2.699. Versi murah menggunakan prosesor Core i5 dan RAM 8GB, serta SSD 128 GB. Sedangkan versi mahal, menggunakan Core i7, RAM 16 GB, SSD 512 GB serta kartu grafis tambahan dari Nvidia.

Surface Book

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *