Keuntungan dan Pilihan SSD yang Tepat untuk Laptop Anda

By on November 6, 2013
5. Keuntungan dan Pilihan SSD yang Tepat untuk Laptop Anda1

Saat ini komputer atau laptop sudah menggunakan SSD sebagai salah satu media penyimpanan semua file atau datanya. SSD adalah solid state drive yang merupakan tempat penyimpanan tanpa menggunakan cakram magnetis. Hal ini tentunya berbeda dengan harddisk yang masih menggunakan cakram sebagai media penyimpanannya. SSD menggunakan nonvolatile memory dalam melakukan penyimpanan file data. Tentunya SSD juga sangat berbeda dengan RAM. Perbedaannya terletak pada SSD yang jika komputer atau laptop mati maka data yang tersimpan dalam SSD tidak akan hilang begitu saja. Hal inilah yang membedakannya dengan SSD. Jika Anda ingin menggunakan SSD, pastikan Anda memilih SSD yang tepat untuk komputer atau laptop yang Anda miliki.

Apa sajakah sebenarnya keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memakai SSD? Keuntungan pertama adalah SSD tidak memerlukan proses defragmentasi atas data yang anda miliki pada laptop atau komputer anda.Pada harddisk proses defragmentasi diperlukan untuk melakukan penyusunan data yang disimpannya. Hal ini dikarenakan data yang dituliskan oleh harddisk tidak memiliki susunan yang beraturan sehingga proses defragmentasi diperlukan untuk menyusun data untuk menemukan file yang dibutuhkan oleh komputer atau laptop anda. Defragmentasi pada harddisk berfungsi untuk mengurutkan data dan mempercepat penyusunan data. Karena itulah harddisk anda terhitung lama dalam melakukan pembacaan. Untuk SSD maka proses pembacaan relatif lebih cepat dikarenakan SSD melakukan proses penulisan dan pembacaan data secara elektris sehingga lebih cepat.

 5. Keuntungan dan Pilihan SSD yang Tepat untuk Laptop Anda3

Keuntungan kedua dalam menggunakan SSD yang tepat pada komputer atau laptop anda adalah anda dapat menggunakan komputer atau laptop Anda tanpa perlu melakukan proses rebooting. Dalam hal ini anda juga tidak perlu melakukan hibernasi untuk laptop atau komputer anda untuk mempercepat penggunaan komputer atau laptop. Biasanya pada komputer atau laptop pengguna cenderung menggunakan fitur hibernate agar lebih cepat menggunakan komputer setelah ditinggalkan beberapa saat. Hal ini bisa menguras RAM Anda. dengan SSD anda tidak perlu lagi menggunakan fitur hibernate ini karena SSD memungkinkan proses reboot berlangsung lebih cepat.

Lalu bagaimanakah caranya untuk memilih SSD yang tepat bagi laptop atau komputer Anda? Anda dapat memilih SSD yang memiliki garbage collection jika Anda ingin raid. Raid sendiri adalah proses penggabungan ruang penyimpanan SSD sehingga kemampuan dan performa SSD Anda dapat semakin meningkat. Jika Anda memilih SSD yang memiliki garbage collection tersebut, maka Anda tidak akan menurunkan kinerja SSD karena setiap data yang dihapus atau didelete akan benar-benar hilang dan tidak mempengaruhi kerja SSD Anda. Kemudian pastikan anda memilih SSD dengan kapasitas yang besar. Dengan memilih SSD berkapasitas besar, walaupun SSD ini mahal, maka aplikasi yang Anda instal dalam SSD akan jauh lebih cepat daripada penggunaan SSD berkapasitas kecil.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *