Cara Membuat OS X Anda Berjalan Sempurna

By on October 10, 2013
os X

Anda mempunyai Mac? Bila ya, anda pasti sudah akrab dengan OS X. Komputer ini bisa dikatakan sudah berjalan dengan sempurna. Tapi, beberapa tips berikut bisa membuatnya melaju lebih kencang.

1. Hardware

Kita bisa mengupgrade hardware Mac OS Anda. Upgrade memori sampai batas tertinggi. Akan tetapi, untuk Macbook Pro yang diluncurkan tahun 2012 ke atas, hal ini tidak mungkin dilakukan. Memori 4 GB sudah sangat cukup membuat peforma OS X Anda meningkat.

Upgrade juga Harddisk Macbook Pro anda. Minimal Anda harus mempunyai 30 GB ruang kosong atau 80-120 GB ruang kosong untuk aplikasi berat, seperti PhotoShop, AutoCad dan lainnya. Akan lebih baik, bila Anda menggunakan harddisk SSD. Harganya memang mahal, tapi peformanya sangat baik.

2. Software

Ada beberapa software yang dapat meningkatkan OS X anda. Pertama adalah Repair Disk Permission. Software ini dapat memperbaiki file yang rusak karena aplikasi mengalami masalah. Cara menggunakannya, jalankan Disk Utility, pilih partisi OS X dan klik repair permission, dan tunggu sampai proses selesai.

Anda juga perlu mereset NVRAM. NVRAM adalah tempat OS X menyimpan setting, sehingga mudah diaktifkan. Akan tetapi, bila terlalu penuh, hal ini akan menimbulkan masalah. Cara mereset NVRAM adalah tekan dan tahan cmd + alt + P + R sampai terdengar bunyi peringatan 3 kali.

Buang semua software atau aplikasi yang tidak diperlukan. Anda bisa menggunakan cara manual seperti menghapus secara langsung atau menggunakan software pembersih, seperti CleanApp, AppZapper, CleanMyMac dan lainnya.

Jangan menyimpan file di desktop. Karena, setiap kali dinyalakan, OS X akan menyiapkan file yang ada di desktop tersebut, jadi, komputer Anda akan terasa lebih lambat.

Hapus juga bahasa yang tidak diperlukan. Biasanya tersedia berbagai macam bahasa. Tapi, bila Anda lebih sering menggunakan Bahasa Inggris, maka hapus bahasa lainnya. Anda bisa menggunakan software Monolingual dari www.monolingual.sourceforge.net untuk melakukan hal ini dengan mudah.

Matikan juga animasi pada OS X. Caranya, buka System Preferences, Dock dan hapus centang pada pilihan animate opening application.

Matikan juga fitur pengganti wallpaper otomatis. Caranya, buka System Preferences, Desktop & Screen Saver dan matikan fitur ini.

Matikan aplikasi yang berjalan otomatis saat Startup. Caranya, bukan System Preferences, User & Groups dan pilih aplikasi yang tidak ingin Anda jalankan saat Startup.

Setelah menggunakan semua cara diatas, Anda perlu mengamati Mac anda. Gunakan Activity Monitor. Aplikasi ini akan memberikan informasi lengkap mengenai OS X anda, seperti aplikasi liar yang berjalan, presentase CPU yang digunakan, aktivitas harddisk dan lainnya.

iStat Menus juga dapat membantu. Aplikasi ini menampilkan informasi lengkap mengenai CPU pada menu bar. Anda bisa membeli aplikasi ini dengan harga 25 Dollar di MacUpdate.com.

Daisy Disk juga aplikasi yang bisa membantu anda untuk membersihkan harddisk Anda. Anda bisa membelinya dari App Store dengan harga Rp. 95.000. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Memory Clean untuk mempermudah membersihkan memori Mac Anda. Yang berbeda, aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *