Komputer Tidak Akan Pernah Secepat Sekarang Jika Bukan Karena Robert Dennard

By on April 2, 2014
1. Komputer Tidak Akan Pernah Secepat Sekarang Jika Bukan Karena Robert Dennard 1

Sekarang Anda bisa menikmati cepatnya menyelesaikan pekerjaan dengan memakai bantuan komputer. Komputer memang diciptakan untuk membantu tugas-tugas dan pekerjaan manusia, namun tahukah Anda komputer dahulu tidak secepat sekarang. Dulu di jaman pentium I dan pentium II, kecepatan 166 Mhz sudah sangat cepat dan sangat membantu berbagai pekerjaan baik kantor atau tugas-tugas kuliah, namun kini Anda bisa lihat kecepatan komputer sudah sangat cepat bahkan dengan hitungan Ghz, bukan Mhz lagi.

Kecepatan kerja komputer dipengaruhi dua hal  yaitu kecepatan prosesor dan RAM. Prosesor adalah mesin otak sebuah komputer dimana semua kalkulasi dilakukan dengan sangat cepat. Namun sebuah prosesor tidak akan bekerja maksimal tanpa adanya dukungan RAM atau Random Access memory, yaitu sebuah tempat penyimpanan di komputer yang dapat diakses dengan waktu yang sangat cepat dan tetap dimanapun data tersebut berada di dalam RAM tersebut.  Sebuah prosesor yang paling cepatpun tidak akan bisa secepat yang diharapkan jika RAM yang ada terlalu kecil kapasitasnya.

Oleh sebab itu kita patut berterima kasih kepada Robert Dennard, sang penemu dan pencipta RAM. Dennard sangat berjasa dalam menciptakan RAM yang cara pembacaanya sangat berbeda dengan alat memori yang lain seperti hard disk dan penyimpanan jenis magnetik dan disk yang lain dimana komputer harus membaca semua data sebelum informasi yang dibutuhkan sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan informasi tersebut menjadi sangat lama. RAM bekerja dengan cara  yang sangat berbeda karena tidak mempergunakan cakram magnetik, disk atau yang lain.

aplikasi komputer, sosok tekno, komputer, robert dennard, ram

RAM yang ditemukan Robert Dennard bermula saat ia menjadi salah satu peneliti di IBM (International Business Machine) setelah ia mendapat gelar Ph.D. di IBM ia menemukan memori satu transistor dynamic random access DRAM  yang merupakan cikal bakal RAM saat ini. Selanjutnya, Dennard mengembangkan penelitiannya dengan membuat sebuah memori dengan enam transistor yang kemudian membawa Dennard pada model dan jenis memori yang lebih maju.

Sejak saat itu RAM moderen mulai berkembang dan RAM yang dibuat didesain untuk bisa menyimpan data dan instruksi yang mempercepat kinerja RAM dari waktu ke waktu. Sejak saat pertama RAM mulai dikembangkan, maka sudah banyak jenis dan tipe RAM yang ada. Mulai dari: SRAM (Statistic Random Access Memory) NV- RAM (Non- Volatile Random Access Memory) DRAM (Dynamic Random Access Memory) FPM DRAM (Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory) EDO RAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory) DR DRAM (Direct Rambus Dynamic Random Access Memory) SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) DDR (Double Data rate) DDR2 (Double Data Rate 2) DDR3 (Double Data Rate 3).

Bisa Anda lihat diatas hasil kerja keras Robert Dennard yang kita pakai sampai saat ini. Inti dari karyanya tersebut adalah menyediakan prosesor akses paling cepat kepada informasi-informasi yang paling dibutuhkan dan paling sering diakses sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan waktu dan juga sumber daya. Jika dulu RAM 128mb sudah mencukupi untuk kinerja komputer, mungkin saat ini paling tidak Anda membutuhkan RAM 2GB. Ada juga RAM berukuran lebih besar seperti 8GB dan 16GB.

aplikasi komputer, sosok tekno, komputer, robert dennard, ram

BACA JUGA:

Fusajiro Yamauchi – Tokoh Dibalik Game Nintendo

Oracle Ternyata Didirikan Oleh Orang Yang Tidak Lulus Kuliah

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *