Inilah Alasan Windows 9 Tidak Lahir

By on October 4, 2014
2.Windows 10, Produk Baru Dari Microsoft 2

Sampai saat ini, banyak penggemar sistem operasi Windows yang terkejut karena Microsoft sampai teganya melewatkan angka 9 pada seri sistem operasi mereka. Bahkan keputusan Microsoft ini dinilai sangat membingungkan, karena sistem operasi Windows 10 ini sangat berbeda dari perkiraan sebelumnya, dimana kabar justru banyak memprediksi nama Windows 9 untuk peluncuran seri Windows selanjutnya setelah Windows 8.

Walaupun banyak pertanyaan yang dilontarkan kepada pihak Microsoft, tapi sayangnya Microsoft masih bungkam tentang keputusannya untuk melompati angka 9 dengan Windows 10. Tapi seorang mantan developer Microsoft yang dikutip dari laman Gizmodo menjelaskan, kalau keputusan nama Windows 10 tersebut karena adanya sebuah kesalahan yang sangat sederhana.

Dalam forum online Reddit tersebut, sang mantan developer tersebut menjelaskan, sebuah aplikasi akan berjalan dengan mendeteksi versi Windows yang dipakai oleh si pengguna dengan cara melihat angka pertama dari nama sistem operasi yang digunakan si penggunanya.

Secara khusus, sumber tersebut mengatakan kalau potongan kode yang digunakan untuk mengidentifikasi versi Windows adalah dengan kode;

if(version.StartsWith(“Windows 9”))

{ /*95 and 98 */

} else {

Kalau melihat kode diatas, kita akan tahu kalau nama versi yang tertulis adalah Windows 9 seperti yang selama ini banyak diperkirakan, secara otomatis, seluruh aplikasi akan menganggap kalau versi Windows yang dijalankan oleh si pengguna adalah Windows 95 atau bisa juga Windows 98 yang tentu saja sudah berumur belasan tahun.

Kalau nama Windows 9 ini dipaksakan untuk dipakai, maka ini akan sangat berbahaya bagi pengguna dan tentu saja berakibat fatal bagi sistem operasi tersebut, karena ini akan berpotensi menimbulkan kendala kompatibilitas aplikasi. Atau dengan kata lain, anda tidak akan bisa menjalankan aplikasi baru lagi.

Nah, karena adanya kesalahan ini, maka solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melompati nama Windows 9, dengan menggantinya dengan Windows 10.

Tapi entah apa yang menjadi akar persoalan yang sebenarnya, mungkin para pengembang Windows 95 dan Windows 98 dulu, mereka tidak berpikir panjang kalau bakal ada versi Windows lain yang justru akan memakai awalan angka 9, sehingga menimbulkan permasalahan yang cukup serius. Walaupun hanya sebuah nama.

Tapi kalau kita mengurut kebelakan, hal semacam ini juga pernah terjadi dengan bug yang bernama Y2K yang sempat membuat heboh ketika kita akan masuk ke tahun 2000, pada 14 tahun lalu. Pada saat itu, sistem penanggalan komputer kebanyakan hanya mengidentifikasi tahun berdasarkan dua angka terakhir saja.

Akibatnya, akan sistem akan mengalami kebingungan untuk membaca tahun 1900 dan 2000, karena digit belakangnya sama, yakni 00. Kalau saja dulu tidak diperbaiki, maka kemungkinan besar bug Y2K tersebut akan kembali di tahun 2100 dan seterusnya.

 1. Tidak Akan Pernah Ada Windows 9 Di Dunia Ini Setelah Windows 8 2

 

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *