Ini Alasan Oculus Rift Belum Mendukung Komputer Apple

By on March 7, 2016
438056-oculus-rift-dk2-review

Selama ini kita mengenal produk-produk Apple berharga mahal, tapi pada kenyataannya, berbagai produk mahal tersebut ternyata tidak ditunjang dengan kualitas yang mumpuni. Bahkan hal ini sempat disinggung oleh Palmer Luckey, selaku pendiri Oculus.

Dalam keterangannya, Palmer menyatakan jika komputer buatan Apple tidak cukup canggih untuk bisa menjalankan teknologi realitas virtual (VR). Hal inilah yang kemudian menjadi alasan kenapa perangkat VR Oculus masih belum mau mendukung sistem operasi Apple, yakni Mac OS X.

Lebih lanjut lagi, Palmer pun menyatakan jika teknologi VR buatan Oculus nantinya pasti akan bisa mendukung OS X, dengan catatan Apple membuat perangkat kompoter yang memang memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan teknologi VR, bukan hanya perangkat mahal saja.

Harus diakui, hingga kini Oculus dikenal sebagai salah satu software paling unggul di industri VR saat ini, terlebih di tahun 2014 kemarin, Facebook resmi mengakuisisi perusahaan tersebut, dan menjadikan perusahaan ini sebagai salah satu raksasa di dunia teknologi.

Seperti dilansir dalam TheVerge, Palmer menyatakan jika Apple selama ini hanya menawarkan harga mahal tanpa kualitas. Misalnya, ketika anda membeli Mac Pro seharga USD 6 Ribu atau setara dengan Rp 77,9 jutaan, maka posisinya komputer tersebut tidak lebih bagus dari yang harganya 20 jutaan.

Seperti kita ketahui, Mac Pro sebenarnya salah satu perangkat premium yang cukup banyak digunakan oleh para profesonal. Tapi sayang perangkat ini hadir dengan dual GPU yang berlainan, dan tidak dirancang untuk keperluan games, melainkan untuk dunia profesional.

OculusRift

Hal ini tentu berlawanan dengan perangkat VR seperti Oculus Rift, yang memang membutuhkan perangkat dengan prosesor dan grafis yang fokus kepada spesifikasi game. Contohnya spesifikasi yang ditawarkan oleh Nvidia GTX 970 atau spesifikasi di atasnya.

Well, kita lihat saja bagaimana langkah Apple selajutnya. Pasalnya Tim Cook, selaku CEO Apple, sempat menyatakan jika mereka sangat tertarik dengan dunia VR. Apakah ini pertanda Apple akan merilis perangkat dengan spesifikasi khusus VR?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *