Hanya Ada Satu OS Windows Untuk Semua Perangkat

By on July 28, 2014
1. Hanya Ada Satu OS Windows Untuk Semua Perangkat 1

Mimpi CEO Microsoft yang baru, Satya Nadella adalah menyatukan semua versi Windows menjadi satu aplikasi yang bekerja secara universal. Jadi nantinya hanya ada satu OS Windows untuk semua perangkat termasuk komputer, laptop, tablet dan juga smartphone. Dengan kata lain, OS yang Anda install untuk smartphone akan bisa juga dioperasikan pada PC desktop Anda.

Microsoft sejak dulu memang selalu membedakan OS yang dipakai di komputer dan laptop dengan OS Windows yang dipakai untuk smartphone buatanya. Apalagi kini Microsoft sudah memiliki sendiri unit bisnis perangkat smartphone yang mereka beli dari Nokia. Kini CEO baru Microsoft ingin agar hanya ada satu saja sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft untuk masa depan.

Jika dulu Microsoft punya banyak tim yang  menggeluti berbagai versi dari Windows, maka Nadella menginginkan hanya ada satu tim saja yang terdiri dari arsitek program terbaik agar tercipta OS Windows yang jauh lebih tangguh dan lebih hebat dari sebelumnya. Namun lebih lanjut Nadella mengatakan tidak akan menghilangkan beberapa versi Windows yang telah ada dan mereka akan tetap dipertahankan, akan tetapi perangkat-perangkat yang berbeda tersebut tetap akan menjalankan Universal Windows Apps.

Dengan rencana hanya ada satu OS Windows untuk semua perangkat maka pada kedepannya berbagai aplikasi akan cocok dengan semua versi Windows, Windows Phone, dan juga Xbox. Hal ini tentu saja akan jauh berbeda dengan apa yang dilakukan Apple yang memisahkan aplikasi yang mereka miliki kedalam dua eksosistem yang berbeda yaitu iOS untuk mobile dan MacOS untuk desktop dan laptop.

Dari gosip yang sudah tersebar, maka versi pertama windows untuk semua perangkat ini akan diluncurkan berbarengan dengan peluncuran Windows 9 yang rencananya akan diluncurkan pada  tahun depan. Oleh sebab itu bisa diprediksi bawa Windows 9 yang akan diluncurkan pada tahun depan adalah versi pertama dari universal Windows.

Jika rencana Microsoft tentang hanya ada satu OS Windows untuk semua perangkat jadi terlaksana, maka kemungkinan besar para pengguna Windows original akan semakin hemat dalam membeli OS ini karena dengan membayar sekali Anda bisa mempergunakannya pada beberapa perangkat yang berbeda, antara lain Desktop/laptop dan juga mobile gadget.

Struktur baru Universal Windows yang akan diluncurkan tahun depan juga pastinya akan dibuat lebih kecil ukuran filenya, karena tidak mungkin mempergunakan ukuran file Windows Sekarang untuk gadget mobile yang rata-rata memori penyimpanan hanya sekitar 4GB saja. Selain itu juga pasti akan ada beberapa perubahan fundamental yang terjadi pada OS windows karena harus memfasilitasi  semua ukuran layar, dari layar yang lebar pada PC dan laptop sampai layar kecil pada smartphone dan tablet yang biasanya ukuranya dibawah 10 inci.

os windows, windows, kompuer, os komputer, os

BACA JUGA:

Komputer Tidak Akan Pernah Secepat Sekarang Jika Bukan Karena Robert Dennard

Office 2003 Pensiun Ikuti Windows XP

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *