Flagship2020, Calon Komputer Tercepat di dunia Asal Jepang

By on November 27, 2015
mmmm

Di bandingkan dengan negara Asia lainnya, Jepang memang lebih unggul dalam hal inovasi penerapan teknologi modern, salah satunya adalah teknologi yang berbasis komputer, di mana banyak produsen perangkat komputer yang sanggup menghasilkan produk-produk dengan kualitas mumpuni.

Hal tersebut kembali di buktikan dengan hadirnya sebuah perangkat komputer yang diklaim akan menjadi komputer tercepat di dunia di tahun 2020. Bahkan seperti dilansir dalam PCWorld, komputer baru ini memiliki kemampuan 100 kali lebih mumpuni ketimbang komputer K.

Seperti kita ketahui, komputer K sendiri merupakan komputer ketiga tercepat di dunia berdasarkan data yang diperoleh dari Top 500 list of Supercomputer. Komputer ini sendiri sengaja dipersenjatai dengan prosesor Fujitsu SPARC64 VIIIfx dengan inti prosesor sebanyak 705.204 buah dengan kecepatan 10,5 petaFLOPS.

FLOPS atau floating-point operations per second merupakan satuan pengukur kinerja komputer dalam hal berapa banyak kalkulasi matematis yang dilakukan dalam satu detik. Jika di hitung secara matematika, 1 petaFLOPS sama dengan 1 quadriliun (1.000.000.000.000.000) per detik.

Komputer K sendiri secara khusus dikembangkan oleh Fujitsu dan institusi penelitian Jepang RIKEN, di mana kelompok ini sendiri yang rencananya akan menggodok kembali komputer paling cepat di dunia ala Jepang keluaran tahun 2020 mendatang.

Komputer ini sendiri merupakan proyek nasional masa dengan Jepang dengan mengusung nama Flagship2020. Dengan kehadiran proyek ini, speertinya Jepang tidak ingin kalah dari China dan Amerika Serikat yang belakangan ini dikabarkan tengah gencar menelurkan komputer paling cepat di dunia.

pc laptop 3

Sebagai informasi, saat ini komputer yang mencatatkan diri sebagai yang tercepat di dunia masih dimiliki oleh China, yakni Tianhe-2 dengan kecepatan sampai 54,9 petaFLOPS. Sedangkan departemen energi Amerika pun kini dikabarkan tengah menggodok komputer baru bertajuk Aurora, di mana komputer ini ditargetkan selesai pada tahun 2019 mendatang, dan mengusung kecepatan 180 petaFLOPS.

Nantinya, super komputer dari ketiga negara tersebut akan diperkenalkan dalam kurun tahun 2018 smapai dengan 2020. Kehadiran teknologi komputer super cepat ini dimaksudkan sebagai penunjang proyek persenjataan serta program-program ilmu pengetahuan yang berguna untuk inovasi teknologi masa depan.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *