Empat Chip Prosesor Murah dari AMD

By on April 12, 2014
2. Empat Chip Prosesor Murah dari AMD 2

Bagi Anda pengguna personal komputer atau PC dan juga pengguna laptop, maka ada kabar baik bagi Anda yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk melakukan upgrade prosesor Anda ke level yang lebih baik. AMD telah menepati janjinya sebulan yang lalu untuk meluncurkan empat chip prosesor murah dari AMD. Baru saja perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan cip seri AM1. Prosesor yang diluncurkan ini adalah tipe Accelerated Processing Unit (APU) seri “Kabini” untuk PC desktop yang dipasarkan dengan nama Athlon dan Sempron.

Menurut press release yang dikeluarkan secara resmi oleh pihak AMD, paling tidak ada empat empat chip prosesor murah seri AM1 yang diluncurkan pada waktu yang bersamaan yaitu Athlon 5350, Athlon 5150, Sempron 3850 dan Sempron 2650. Keempat model chip prosesor tersebut mempunyai perbedaan yang sangat siginificant dalam hal jumlah core, harga, serta kemampuannya.

Pada chip prosesor Athlon 5350 adalah prosesor yang dibekali dengan core terbanyak yaitu empat inti atau quad core dan prosesor AM1 tipe ini dijual dengan harga yang paling mahal yaitu $59. Sementara itu seri Sempron 2650 adalah seri dengan model yang paling rendah dan hanya dibekali dengan dua core serta dijual hanya seharga $31 saja. Yang perlu Anda ketahui bahwa keempat chip prosesor murah dari AMD ini diklaim mempunyai rating daya rendah yaitu hanya sebesar 25 watt saja.

chip prosesor, aplikasi komputer, amd, prosesor murah, prosesor amd

Dengan daya serendah itu empat chip prosesor murah dari AMD ini menghemat banyak sekali daya listrik dari power suplai sehingga diklaim membuat desktop juga semakin stabil pasokan listriknya. Selain itu keempat prosesor murah dari AMD ini juga mempergunakan teknologi SoC atau System-on-Chip. Teknologi ini memadukan beberapa komponen vital komputer dalam satu paket hardware sehingga lebih hemat tempat dan tidak perlu bingung memadupadankan komponen-komponen yang lain.

Contoh System-on-Chip pada chip prosesor AM1 dari AMD ini adalah penggabungan Core jenis Jaguar dengan mesin pengolah grafis yang berbasis Graphic Core Next. Hal ini diklaim mampu menigkatkan kinerja serta kualitas grafis yang ditampilkan. Selain itu daya yang dipergunaan juga jauh lebih kecil serta efisien. AMD sebenarnya mengeluarkan keempat prosesor jenis AM1 ini adalah untuk menyaingin prosesor jenis Atom atau (BayTrail) yang diproduksi oleh intel.

Yang membedakan antara AM1 dengan prosesor Atom dari Intel adalah hadirnya socket pada chip tersebut. Jika Anda melihat pada System-on-Chip prosesor yang lain maka chip tersebut langsung disolder ke mothernborad sehingga Anda tidak akan bisa mengupgrade prosesor Anda tanpa membuag motherboard dimana chip tersebut berada. Dengan hadirnya socket pada prosesor AM1 maka upgrade bisa dilakukan setiap saat karena tinggal mencopot chip dan menggantinya dengan yang baru.

 chip prosesor, aplikasi komputer, amd, prosesor murah, prosesor amd

BACA JUGA:

Jangan Pake IE Jika Komputer Anda Masih Menjalankan Windows XP

Microsoft Bagi-Bagi Hadiah 564 Ribu Rupiah Bagi Pengguna Windows XP

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *