Cara Mengatasi Masalah Port USB yang Tidak Berfungsi

By on October 24, 2013
5.cara memperbaiki port usb.1

Kadang orang menghadapi masalah port USB yang tidak bisa bekerja. Semua port mati padahal ketika USB digunakan pada port komputer akan berjalan baik-baik saja. Jika Anda mengalami masalah ini, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya.

Masalah yang sering muncul adalah settingnya yang tidak benar. Kadang drivernya yang bermasalah sehingga device tidak dapa mendeteksi USB. Ada kemungkinan justru USB-nya yang rusak dan bukan port-nya. Fisik juga kemungkinan dapat terganggu dan rusak.

Untuk mengatasi berbagai masalah yang menyebabkan port USB tidak berfungsi, ada beberapa langkah yang Anda dapat lakukan.

Cara yang pertama adalah mengecek USB pada port lain secara berpindah-pindah. Ini untuk mendeteksi apakah port yang rusak atau USB-nya yang rusak. Jika semua port tidak bisa, masukkan USB ke port device lain. Jika bisa, berarti USB-nya baik-baik saja.

Cara lainnya adalah dengan mencolokkan USB lain ke komputer kita. Jika satu USB tidak bisa, coba USB lain. Jika tidak bisa juga, ada kemungkinan komputernya yang bermasalah. Jika ternyata bisa, kemungkinan memang USB sebelumnya yang bermasalah bukan pada komputernya.

Jika Anda menggunakan BIOS coba cek setting apakah memang port USB dibuat disable atau tidak. Kadang Anda tidak pernah menyadari membuat perubahan pada setting tapi ketika baterai motherboard sudah lemah adakemungkinan setting port USB menjadi disable dengan sendirinya.

Bagaimana cara mengeceknya? Anda harus masuk ke menu Device Manager. Caranya adalah membuka Start, Setting, Control Panel. Dobel klik pada icon system dan klik Hardware pada jendela system properties. Pilihtombol device manager.

Anda harus mengecek bagian Universal Serial Bus Controllers. Jika terlihat ada masalah yaitu ditandai pada disable, Anda harus membuatnya menjadi enable. Kadang hal ini terjadi karena masalah driver jadi ada kemungkinanAnda harus menginstal ulang driver.

Cara berikutnya adalah dengan mengecek registry. Anda harus mulai dari Start lalu Run. Masukkan regedit, enter, dan Anda akan masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControl. Akan ada Value Dwords yangbernilai 3 berarti enable. Jika bukan 3, Anda harus update, close, dan restart untuk membuatnya bekerja dengan baik.

Kadang ada virus yang menyerang komputer dan membuat hardware tidak dapat bekerja dengan baik. Jika port USB bermasalah tidak ada salahnya membersihkan komputer Anda dari berbagai macam virus. Jika memang masalah port USB disebabkan oleh virus, kemungkinan port dapat kembali digunakan setelah virus dibersihkan dari komputer.

Penyebab yang mungkin muncul lainnya adalah adanya komplikasi akibat software yang baru diinstal. Software yang berasal dari sumber yang tidak terpercaya dapat merusak kerja komputer termasuk port USB. Jika baru sajamenginstal software dan port USB langsung mati, cobalah untuk uninstall dulu.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *