Awas Windows 8 Curi Data Anda – Kata Pemerintah Tiongkok

By on August 5, 2014
Basic RGB

Sejak dulu yang selalu bermasalah dengan Microsoft dan sistem operasi yang dibuatnya adalah negeri Tirai Bambu. Bisa Anda lihat kebelakang ketika Microsoft mengumumkan hendak menghentikan dukungan terhadap OS Windows XP dan Microsoft meminta seluruh pengguna XP untuk segera beralih ke Windows yang lebih tinggi, pemerintah Tiongkok menolak dan justru menuntun Microsoft mempertahankan Windows XP. Alasanya karena Windows XP masih dipergunakan secara besar-besaran di seluruh Cina, terutama di kantor-kantor pemerintah.

Kini mereka kembali menolak untuk mempergunakan Windows 8 di komputer-komputer pemerintah, stasiun TV Pemerintah, dan komputer pemerintah yang lain. Alasan mereka sederhana, karena mereka tidak percaya bahwa Windows 8 aman dan justru menuduh bahwa sistem operasi Windows 8 curi data dari komputer-komputer yang memakainnya. Hal ini dipertanyakan oleh CCTV dengan mengutip pendapat pada pakar keamanan Tingkok.

Para pakar keamanan meyakini bahwa ada kemungkinan Windows 8 curi data dari komputer dan data yang dicuri bisa berupa nomer  telepon, data kartu kredit, dan juga informasi-informasi penting lainnya. Tuduhan ini kemudian dikutip oleh The Inquirer. Tuduhan ini tidak main-main karena lebih lanjut pemerintah Tiongkok juga mencurigai bahwa celah keamanan yang ada pada Windows 8 bisa dipergunakan juga untuk kegiatan mata-mata.

Selain menuduh Windows 8 curi data yang berupa data perbankan dan data pribadi lain, ada tuduhan spionase yang dilakukan oleh Amerika bekerja sama dengan Microsoft. Hal ini sebenarnya dipicu beberapa kejadian di masa lalu dimana Edward Snowden membocorkan aktivitas rahasia NSA, sebuah dinas intelijen rahasia Amerika yang memata-matai pemerintah Tiongkok.

Memang jika dinalar, saat ini semua hal bisa dikerjakan dengan komputer dan semua orang juga cenderung menyimpan data penting mereka di komputer, baik komputer kantor, komputer rumah, dan laptop. Oleh sebab itu cara yang mudah memata-matai dan mencuri data adalah dengan menyadap segala bentuk perangkat komputer dan hal tersebut bisa dilakukan tanpa ketahuan jika program mata-mata dijadikan satu dengan sistem operasi komputer tersebut.

Jika memang kecurigaan Tiongkok benar bahwa Amerika mencuri data bekerja sama dengan Microsoft dan dilakukan dengan Windows 8, maka tidak saja negara Tiongkok yang rawan dimata-matai namun juga negara lain, termasuk Indonesia yang notabene adalah pengguna terbanyak sistem operasi buatan Microsoft. Ketika pihak Microsoft dikonfirmasi mengenai berita tersebut, mereka tidak banyak berkomentar dan satu-satunya komentar yang mereka berikan adalah bahwa Microsoft telah melakukan langkah-langkah maju untuk mencegah kegiatan mata-mata dan berusaha melindungi data pengguna sebaik-baiknya.

Jika Anda saat ini telah mempergunakan Windows 8, berita ini jangan Anda anggap enteng, terutama apabila Anda bekerja dengan informasi penting, berbahaya, dan sangat rahasia. Pergunakanlah software tambahan untuk mengamankan komputer Anda dari pencurian data yang mungkin saja terjadi.

1. Awas Windows 8 Curi Data Anda - Kata Pemerintah Tiongkok 1

Baca Juga :

Jangan Pake IE Jika Komputer Anda Masih Menjalankan Windows XP

Prosesor Extreme Dari Intel Dengan 8 Core

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *