ASUS Chromebit, Mini PC Sebesar Modem USB

By on April 2, 2015
ASUS Chromebit

Perkembangan dunia teknologi, belakangan ini sudah semakin gila. Baru-baru ini Google dikabarkan resmi meluncurkan sebuah tipe baru sebuah perangkat Chrome yang di sebut dengan PC stick. Sesuai dengan namanya, perangkat ini berbentuk sebesar USB modem akan tetapi memiliki segudang fitur yang sangat luar biasa.

Karena bentuknya yang sangat mungil dan ringkas, sehingga mudah dibawa ke mana pun anda pergi, telah membuat banyak orang ingin segera memilikinya. Bagaimana tidak, hanya dengan perangkat mungil ini, anda bisa mengubah TV atau monitor biasa saja menjadi sebuah perangkat komputer lengkap yang bisa dijalankan sebagaimana biasanya.

Melihat ini sebagai peluang bisnis, kini ASUS pun dikabarkan akan berusaha untuk menjadi perusahaan pertama yang secara khusus meluncurkan stick PC. Dilansir dalam laman slashgear, PC stick milik ASUS ini sendiri akan diberi Manam ASUS Chromebit. Lantas, kenapa ASUS mengklaim yang pertama? Apa bedanya Stik PC milik Google dengan ASUS Chromebit ini?

Jika melihat fungsinya yang lebih luas, ASUS Chromebit ini jelas sangat berbeda dengan perangkat lainnya, baik Stik PC yang mengusung sistem operasi Android ataupun yang mengusung sistem operasi Windows. Hal ini terlihat dari spesifikasi yang sudah menggunakan chip prosesor Rockchip RK3288 quad cor. Spesifikasi ini sendiri sama seperti yang dimiliki oleh produk Chromebook.

Tidak hanya itu, di dalamnya ASUS Chromebit sudah didukung dengan RAM sebesar 2GB dan penggunaan memori internal sebesar 16GB. Perangkat mungil ini sendiri sudah diberikan dukungan WiFi 802.11ac serta Bluetooth 4.0 dan port USB 2.0. sangat canggih untuk ukuran perangkat mungil.

Untuk harganya sendiri, ASUS Chromebit ini rencananya makna di lepas ke pasaran dengan harga USD100 atau setara dengan Rp1,3 juta. Jika tidak ada halangan, ASUS Chromebit akan mulai dipasarkan pada pertengahan tahun 2015.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tidak hanya ASUS Chromebit dan Chromebook saja

Selain ASUS Chromebit, sebelumnya juga sudah ada Mini PC besutan Meegopad ini yang hanya berukuran sedikit lebih lebar daripada USB flashdisk. Walaupun begitu, perangkat mini ini sudah sangat canggih dengan prosesor Intel Bay Trail-T Quad Core berkecepatan 1.7 GHz. Perangkat ini sendiri dilengkapi dengan RAM 1GB serta penyimpanan internal sebesar 16/32GB.

Yang ajaibnya lak, Mini PC ini sendiri bahkan bisa dipasangi sistem operasi Android, Linux dan bahkan Windows 8.1. untuk masalah harganya sendiri, mini PC yang ini sama dengan ASUS Chromebit, yakni Rp. 1,3 Juta.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *