Apple Patenkan Keyboard Sentuh untuk MacBook

By on April 11, 2016
Zero Travel keyboard1

Baru-baru ini Apple mengajukan sebuah paten baru untuk komputer jinjing MacBook di masa depan. Dalam pate tersebut, terlihat jika perangkat tersebut sudah menanggalkan papan ketik atau keyboard fisik, dan menggantinya dengan keyboard layar sentuh.

Seperti dilansir dalam The Next Web, paten tersebut diberi nama Zero Travel, yang akan mengubah permukaan keyboard menjadi layar sentuh sentuh. Hal inilah yang akan membuat pengguna bisa mengetik di keyobiard layar sentuh, sama seperti ketika mereka mengetik keyboard fisik.

Tidak hanya itu, paren tersebut pun hadir dengan mengusung teknologi haptic feedback sebagai sarana untuk mengidentifikasi ketukan di permukaan keyboard layar sentuh tersebut.

Yang cukup mengejutkan, paten tersebut pun mengungkap nampak adanya tombol-tombol di komputer MacBook yang akan jauh lebih komplit. Hal tersebut karena Apple menyertakan juga keypad numerik yang diletakan di sebelah trackpad.

Secara konsep, ternyata bagian tersebut bisa juga digunakan untuk mengakomodasi berbagai fitur tambahan lainnya, bahkan fitur yang dikembangkan oleh para pengembang pihak ketiga. Hal inilah yang mmebuat perangkat ini diklaim sebagai yang tercanggih di keluarga MacBook.

Zero Travel keyboard

Jika melihat paten ini, ada kemungkian jika cara mengetik di keyboard layar sentuh tersebut akan sama dengan cara SwiftKey, yakni dengan cara menggeser-geserkan jari ke tombol yang diinginkan. Tidak hanya itu, pengguna pun akan bisa mengatur tata letak keyboard dan tingkat kekuatan ketukan.

Dengan adanya teknologi ini, banyak prediksi jika keyoboard fisik akan segera ditinggalkan, dan produsen gadget lainnya pun akan segera meluncurkan ide baru, walaupun pada dasarnya ide mereka masih tetap sama, penggunaan keyboard layar sentuh sebagai pengganti keyboard fisik.

Walaupun terlihat sangat mencengangkan, tapi teknologi tersebut masih sebatas paten belaka. Smapai saat ini belum ada kepastian kapan paten tersebut akan direalisasikan oleh Apple dalam produk nyata, tapi yang jelas teknologi ini memang sangat mengagumkan.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *