AMD Bekerjasama Dengan Razer Luncurkan XConnect

By on March 17, 2016
AMD_SCREEN

Berbicara masalah PC dengan spesifikasi games kelas berat, AMD merupakan jagonya. Dan sekarang, perusahaan ini kembali membuktikan jika mereka memang ahlinya membuat PC berspesifikais games kelas atas dengan menjalin kerjasama bersama dengan produsen perkakas gaming, Razer.

Kedua perusahaan ini akhirnya resmi melepas sebuah teknologi XConnect yang nanitnya biska digunakan untuk mempermudah pemasangan kartu grafis tambahan sebagai tenaga ekstra ketika memainkan game berat dengan menggunakan enclosure eksternal.

Secara spesifikasi, alat ini bisa dibilang sangat mirip dengan enclosure harddisk eksternal, akan tetapi isinya hanya kartu grafis saja. Selain itu, XConnect pun sanggup terhubung dengan PC atau notebook lewat konektor Thunderbolt 3 yang sanggup mentransfer data smapai dengan 40 gbps.

XConnect sendiri diklaim sebagai perangkat Plug ‘n Play yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan grafis sebuah perangkat PC. Nantinya, pengguna tinggal menancapkan XConnect ke port Thunderbolt yang tersedia dalam PC, dan kartu grafis eksternal pun akan langsung dikenali.

Selain itu, aspek menarik lainnya adalah, nantinya pengguna bebas mengganti kartu grafis yang terpasang dalam Xconnect sesai dengan kebutuhan. Dengan kata lain, XConnect bersifat upgradeable. Untuk kartu grafis yang bisa digunakan bersama XConnect antara adalah semua seri Radeon dari AMD.

Contohnya saja Radeon R9 Fury, Radeon R9 Nano, Radeon R9 300 series hingga Radeon R9 285. Sayang dukungan untuk Radeon R9 Fury X tidak diberikan. Pasalnya ukuran radiator kartu grafis ini terlalu besat sehingga sulit untuk dipasang dalam enclosure eksternal.

AMD Razer XConnect

Sedangkan untuk menjalankannya dalam komputer, XConnect menggunakan driver Radeon Software Crimson Edition 16.2.2 atau versi software yang lebih baru. Dengan adanya Xconnect, pihak AMD berharap bisa menciptakan ekosistem notebook yang dilengkapi dengan AMD Xconnect.

Sayang hingga kini belum diketahui kapan perangkat ini akan mulai dijual di Indonesia, dan berapa harganya. Yang jelas, kehadiran Xconnect akan membuat dunia gamming semakin berwarna, dan bisa dijangkau oleh semua kalangan, tanpa harus mengandalkan biaya yang besar.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *