3D Printing, Langkah Besar Menuju Dunia Masa Depan

By on August 26, 2013
3D Printing, Langkah Besar Menuju Dunia Masa Depan.1

3D Printing beda sama sekali dengan metode mencetak yang biasanya anda lakukan dengan printer di rumah atau kantor kita. Seperti namanya, anda tidak akan mencetak menjadi lembaran tipis, tetapi, bentuk 3 dimensi yang mempunyai volume, dan menjadi benda nyata.

Awal Mula 3D Printing

3D Printing sebenarnya sudah ditemukan dan digunakan sejak dulu, khususnya oleh perusahaan yang ingin membuat model prototype untuk produk mereka. Proses ini dinamakan rapid prototyping. Desainer dari perusahaan tersebut membuat modelnya dalam file CAD yang kemudian dikirim ke mesin 3D printer. Tapi, masalahnya, bahan yang digunakan masih rapuh dan gampang hancur, jadi tidak bisa dikomersilkan.

Tapi, saat ini sudah ditemukan campuran bahan untuk keperluan 3D Printing yang cukup kuat yang terbuat dari campuran plastik dan besi. Bahan ini dinamakan nanocomposite. Bahan ini cukup kuat, sehingga dapat bertahan lama dan tahan pula dari benturan.

3D Printing, Langkah Besar Menuju Dunia Masa Depan.2

Penggunaan 3D Printing

Metode 3D Printing digunakan hampir pada semua aspek di dunia industri maupun kehidupan orang modern. Yang pertama adalah untuk pembuatan produk. Saat ini pembuatan produk bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan mendetail dengan teknik ini, bahkan sampai ukuran millimeter. Hal ini dikarenakan majunya teknologi yang sudah dikembangkan untuk software dan printer 3D.

Biasanya, pembuatan satu objek membutuhkan waktu sekitar 1 menitan bahkan kurang. Tapi, bila bentuk objek rumit, maka bisa makan lebih dari itu. Selain industri, dunia medis juga mulai menggunakan metode 3D printing untuk keperluan penyembuhan pasien. Saat ini sudah ditemukan bahan yang sangat mirip dengan liver manusia yang dikenal dapat memperbaiki dan tumbuh saat ada bagiannya yang rusak. Memang, bahan ini tidak dapat tumbuh layaknya liver, tetapi, bahan ini dapat merangsang sel-sel tubuh kita untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Penggunaan 3D printing ini untuk kepentingan implan. Implan yang dibuat dengan teknik 3D printing ini juga sangat mirip dengan bagian tubuh pasien. Biasanya, pasien di scan terlebih dahulu yang diubah menjadi bentuk 3D di komputer dan diproses pada printer 3D.

Penggunaan teknik 3D printing ini masih dalam tahap awal. Tapi, menurut Sharon Presnell, kepala divisi teknologi Organovo, perusahaan pembuat implan tubuh, dalam 25 tahun mendatang, teknologi ini akan dapat berkembang dan bisa membantu pemulihan tubuh dengan sempurna. Mungkin manusia akan seperti cicak dimasa depan, dimana saat ada bagian tubuhnya terpotong, maka bisa tumbuh lagi dengan teknik ini.

Yang paling menarik, teknik 3D printing tidak hanya digunakan untuk membuat implan bagian tubuh kita. Saat ini, bahkan ada penelitian dan usaha untuk membuat pembuluh darah bahkan sampai ukuran yang paling kecil. Hal ini sangat penting, karena bisa digunakan untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan stroke.

 3D Printing

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *