Trik Fotografi Smartphone dengan Aplikasi Panorama

By on November 27, 2013
4.Trik Fotografi Smartphone dengan Aplikasi Panorama1

Salah satu keunggulan menggunakan Smartphone adalah karena adanya fitur kamera yang mendukung aktivitas fotografi Anda. Sayangnya, tidak semua foto yang diambil dari ponsel Smartphone menjadi menarik atau berhasil. Memang, ada trik fotografi menggunakan Smartphone tertentu yang harus Anda ketahui agar hasil jepretan menjadi maksimal.

Contohnya adalah saat Anda ingin memfoto pemandangan atau panorama. Tentu saja, ada beberapa trik khusus yang perlu Anda pelajari. Salah satu trik fotografi menggunakan Smartphone untuk mengabadikan pemandangan adalah dengan menggabungkan beberapa foto pemandangan yang sudah Anda dapatkan.

Bayangkan jika saat ini Anda memiliki lebih dari satu foto pemandangan 270 derajat yang keren. Untuk menggabungkan foto-foto keren tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi Auto Switch. Kegunaan aplikasi ini memang khusus untuk menyatukan foto-foto dengan cara cepat, mudah dan bersamaan.

Aplikasi ini biasanya ditemukan pada iPhone. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan Android, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama PanoStitch. Cara yang unik tapi layak dicoba adalah dengan melemparkan smartphone Anda ke udara. Pada saat di atas tersebut, setting Smartphone agar menfoto panorama yang Anda inginkan.

Sebenarnya, teknik ini juga umum digunakan pada mereka yang melakukan pemotretan menggunakan kamera biasa. Teknik tersebut dinamakan glitching. Gambar yang dihasilkan biasanya agak aneh tapi sangat mengesankan saat dilihat. Selain melemparkan ke udara, Anda juga bisa melakukan gerakan cepat.

Cara ini seperti ini sepertinya lebih aman dibanding melemparkan gadget Anda. Cara unik lainnya adalah dengan melakukan pengambilan gambar pemandangan secara vertikal. Hasil foto pemandangan horizontal sudah sangat biasa. Sekarang, coba Anda gunakan daya kreativitas untuk mendapatkan hasil foto pemandangan 360 derajat secara vertikal.

Jika trik fotografi menggunakan Smartphone di atas masih belum cukup, Anda juga bisa membuat hasil dengan teknik kloning. Mungkin, Anda sering melihat hasil foto orang yang sama namun dengan gaya yang berbeda di satu frame. Inilah yang disebut dengan kloning dalam fotografi. Dengan aplikasi panorama,

Anda bisa mengembangkan imajinasi bahkan mengubah bagian-bagian foto untuk membuatnya lebih menarik. Cara sederhananya adalah memotret objek berkali-kali namun dengan jarak atau bagian-bagian yang berbeda. Aplikasi Panorama juga memungkinkan Anda untuk membuat foto-foto unik yang tidak bisa dihasilkan oleh kamera biasa.

Anda bisa membuatnya dengan mudah melalui foto 3D yang dihasilkan dari aplikasi Panorama 360. Cara mudah yang mungkin Anda lakukan adalah mengambil gambar menggunakan aplikasi tersebut kemudian melengkungkannya menggunakan Photoshop. Nah, sekarang saatnya Anda mencoba trik yang sudah dijelaskan di atas dan lihat hasilnya.

Nantinya, Anda bisa pamerkan hasilnya kepada teman dan keluarga Anda yang juga menyukai fotorgrafi. Pasti sangat menyenangkan jika justru mereka memuji hasil kerja Anda tersebut. Selamat Mencoba.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *