Tips Optimalkan Lensa Kamera Ponsel Anda Tanpa Lakukan Super Zoom

By on January 9, 2014
4. Tips Optimalkan Lensa Kamera Ponsel Anda tanpa Lakukan Super Zoom 1

Bagi Anda yang hobi fotografi, sepertinya perlu menyimak info berikut. Hasil fotografi yang baik dan berkualitas bukan semata karena pengaruh skill sang fotografer saja. Peralatan yang dipakai juga sangat berperan untuk ciptakan gambar objek yang berkualitas. Ketika seorang fotografer dihadapkan pada peralatan yang memiliki keterbatasan, inilah saatnya sang fotografer menunjukan profesionalisme-nya. Ketika di zaman modern ini dipenuhi dengan perangkat teknologi canggih seperti ponsel pintar yang dilengkapi dengan fitur kamera yang lumayan baik, terkadang kita masih terjebak dengan pilihan zoom pada kamera ponsel kita. Namun sayang, teknologi zoom pada kamera ponsel pintar hanya bisa menghasilkan gambar yang buram dan berkualitas cukup buruk. Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui cara yang jauh lebih baik untuk mendapatkan hasil gambar yang berkualitas meski hanya menggunakan kamera ponsel jenis Android, iPhone, dan kamera jenis ponsel lainnya.

1. Sebaiknya hindari fitur digital zoom

Digital zoom hanya akan membuat hasil foto Anda jelek. Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, sebaiknya Anda hindari penggunaan digital zoom. Akan jauh lebih baik bila Anda mengambil gambar suatu objek tanpa menggunakan digital zoom. Jika Anda terpaksa menggunakan digital zoom, jangan terlalu berlebihan karena hanya akan merusak hasil gambar nantinya.

kamera, lensa kamera, tripod, kamera hp, tips foto

2. Gunakan lensa telephoto

Hasil gambar yang lebih baik bisa Anda dapatkan dari kamera ponsel pintar yang sudah dilengkapi dengan aksesoris khusus kamera seperti optic khusus. Ada produk ponsel pintar tertentu yang dilengkapi dengan lensa kamera handphone yang banyak digunakan oleh fotografer Smartphone. Ponsel pintar ini didesain khusus untuk menghasilkan pembesaran tanpa menggunakan digital zoom. Contoh lensa zoom yang terdapat pada Smartphone adalah Photojojo. Anda juga bisa menggunakan jenis lensa lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Di beberapa perangkat Smartphone seperti iPhone 4, iPhone 4S, dan iPhone 5 telah dilengkapi dengan fitur Phocus Case.

3. Gunakan tripod

Dengan menggunakan tripod, Anda akan jauh lebih  mantap dalam membidik objek Anda. Hasilnya pasti jauh lebih baik bila dibandingkan dengan aksi mengambil gambar tanpa menggunakan tripod.

4. Gunakan macro dan wide-angle shot

Fitur ini cocok sekali untuk Anda yang hobi mengambil gambar dengan mode close-up. Selain menggunakan lensa makro, Anda juga dapat menggunakan produk Olloclip yang tak lain adalah sejenis lensa fisheye 3in1,  dan makro & wide angle clip on. Dengan menggunakan fitur ini, hasil foto akan sangat maksimal. Lensa ponsel Anda juga memungkinkan Anda untuk menciptakan karya foto versi Anda sendiri. Dengan menggunakan Olloclip, misalnya, Anda bisa menggunakan beberapamasking tape dan blue-tack. Bagaimana, ingin mencobanya? Ciptakan karya foto yang maksimal dengan beberapa teknik dan fitur pada Smartphone.

kamera, lensa kamera, tripod, kamera hp, tips foto

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *