Raja Kamera di Indonesia

By on June 7, 2014
1. Raja Kamera di Indonesia  1

Selain smartphone ada beberapa perangkat lain yang laris manis di Indonesia yaitu kamera. Di Indonesia ada berbagai jenis kamera dan model yang dikeluarkan oleh berbagai vendor kamera terkenal seperti Sony, Canon, Lumix, pentax, Fuji Film dan banyak lagi. Namun jika Anda mencari siapakah raja kamera di Indonesia maka perlu penelaahan lebih lanjut karena sebaran pemasaran produk kamera tidak pada merek kamera namun pada jenis dan teknologi yang dibawa kamere tersebut.

Pada kelas kamera single lens, Canon adalah raja kamera di Indonesia. Merk ini mengklaim telah menguasai sekitar 60% pasar kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) di Indonesia. Mereka juga mengklaim bahwa sejak 15 tahun yang lalu Canon telah menguasai sebagian besar pasar DSLR dengan penjualan total kamera pada tahun 2013 yang lalu mencapai 1,3 juta unit secara total dengan jumlah penjualan DSLR mencapai 330 ribu unit. Dari jumlah 330 ribu unit tersebut, Canon menyumbang sekitar 198 ribu unit kamera atau sekitar 60% dari keseluruhan penjualan kamera secara global.

Untuk kelas kamera saku, terjadi penurunan jumlah penjualan kamera saku. Hal ini bukan disebabkan menurunnya daya beli masyarakat namun lebih dikarenakan gempuran berbagai produk ponsel pintar yang nota bene selalu dibekali kamera yang cukup mumpuni. Terang saja para konsumen lebih memilih ponsel pintar daripada membeli kamera, karena dengan membeli ponsel pintar mereka juga sudah mendapatkan kamera yang bisa dipakai setiap saat dan bisa langsung terkoneksi dengan akun jejaring sosial mereka.

Penurunan penjualan kamera saku sangat signifikan dan bahkan di tahun 2014 ini hanya ditargetkan terjual 800 unit saja. Dari jumlah penjualan tersebut, Canon juga memproyeksikan mampu menjual 250 ribu unit atau sekitar 31% dari penjualan total. Canon berusaha menaikkan jumlah penjualan mereka dengan memperkenalkan G1 X Mark II yang memperkenalkan kamera saku dengan kualitas DSLR dan juga PowerShot N100 yang memiliki dua lensa di bagian depan dan belakang.

Untuk kamera mirrorless, statistik menunjukkan bahwa kamera mirrorless akan menjadi trend di dunia fotografi digital karena kamera jenis ini tidak memiliki cermin dan oleh karenanya bentuknya lebih ramping dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana dan mudah digunakan. Kelas segmen kamera mirrorless ini dikuasai produsen kamera selain Canon yaitu Nikon, Sony, Lumix, dan Fuji Film yang kurang sukses pada kelas DSLR.

Masing-masing produsen kamera berusaha memperbanyak jumlah penjualan mereka dan menjadi raja kamera di Indonesia. Canon sendiri yang paling mengusai pasar Indonesia masih terus melakukan penetrasi pasar dengan meluncurkan produk seri EOS 1200D yang dijual dengan kisaran harga Rp. 5.650.000, sebuah harga yang terbilang murah untuk sebuah kamera DSLR bagi pemula.

raja kamera, cannon, kamera, gadget, dslr

BACA JUGA:

Masalah Pada Kamera Samsung Galaxy S4 Dan Bagaimana Solusinya

Kamera Canon G1X Mark II Bocor di Internet

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *