PowerShot G16, DSLR Compact dari Canon

By on August 26, 2013
3.PowerShot G16, DSLR Compact dari Canon.1

Canon mengeluarkan salah satu produk DSLR terbarunya yaitu, Canon PowerShot G16. Apa saja yang menarik dari produk ini?

Desain Canon PowerShot G16

Nyaman bisa dibilang salah satu keunggulan dari desain Canon ini. Untuk memencet tombol shutter maupun menggenggamnya saat anda mengatur target kamera pada objek tertentu didesain anti selip. Jadi, anda bisa stabil saat memegang dan menggunakannya.

Peletakan tombol untuk mengoperasikan semua fitur yang ada di kamera ini juga termasuk sempurna. Semua tombol dan fungsi, seperti tombol on off, pengaturan ISO, Menu dan lainya bisa digunakan dengan ibu jari kanan anda. Mungkin hanya pengaturan mode kamera, seperti Manual, Automatic dan AV yang tidak terjangkau oleh ibu jari kanan anda.

Sayang, LCD dari kamera ini tidak cukup luas. Canon PowerShot G16 hanya mempunyai LCD dengan ukuran 3 inchi. Tidak cukup besar untuk menampilkan gambar atau video dengan display yang lumayan bagus.

canon G16

Peforma Canon PowerShot G16

Untuk keperluan profesional, kamera ini tidak bisa dianggap memuaskan. Yang pertama adalah soal lensa kamera yang hanya 12 Megapixels. Sekarang banyak SmartPhone yang mempunyai resolusi kamera yang mendekati 12 Megapixels atau sama dengan resolusi lensa kamera ini.

Canon mengatakan bahwa kamera ini adalah jenis DSLR. Tapi, kenyataannya, tidak begitu. Salah satu penyebabnya adalah lensa kamera di kamera ini tidak menggunakan lensa seperti di kamera SLR. Semuanya diatur secara digital, jadi sentuhan analog saat mengatur fokus atau zoom tidak terasa seperti di kamera SLR.

Tapi, bila anda hanya ingin mendapatkan kamera digital dengan kemampuan lebih, Canon PowerShot G16 bisa dibilang pilihan utama.  Salah satunya adalah processor yang digunakan. Digic 6 yang digunakan disini bisa memproses gambar dengan mode Continuous shot dengan kecepatan 9,3 fps tanpa buffer.

CMOS sensor yang dimasukkan Canon juga termasuk yang terbaru. CMOS sensor ini dapat memberikan fitur back Ilumination, yang dapat meningkatkan kualitas gambar yang diambil.

Yang paling menarik adalah jenis ISO yang sampai 12800. Artinya, anda bisa mengambil gambar dengan kualitas tertinggi yang anda mau. Hal ini termasuk bila anda ingin mengambil gambar saat malam hari atau minim cahaya.

Ada juga fitur Background Defocus yang bisa memudahkan anda untuk mengambil gambar dengan gaya Depth of Field ala SLR analog lama. Fitur ini mengambil 2 gambar, satu fokus dan satu lagi tidak fokus dan menggabungkannya. Hasilnya, indah seperti dengan SLR sungguhan.

Star Mode juga salah satu fitur menarik dari kamera ini. Seperti namanya, fitur ini membantu untuk mengambil gambar pada malam hari dan minim cahaya. Memang, sangat memuaskan meskipun anda gunakan pada lingkungan tanpa cahaya sama sekali.

Dan yang terakhir adalah harganya. 6 jutaan bisa dibilang mahal, karena dengan harga serupa, anda bisa membeli kamera DSLR sebenarnya.

canon G16 2

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *