Nikon Keluarkan Kamera Compact untuk Fotografer Professional

By on March 7, 2013

Nikon Keluarkan Kamera Compact untuk Fotografer ProfessionalSalah satu cara terbaik untuk mengabadikan momen istimewa adalah dengan menggunakan kamera compact. Performanya yang baik dan kemudahan dalam pengoperasian membuatnya menjadi gadget populer bagi banyak orang, bahkan termasuk para fotografer professional. Saat mendengar nama fotografer professional, tentunya akan terbayang seseorang yang sering membawa kamera DSLR kemanapun ia pergi. Akan tetapi pada saat-saat tertentu fotografer professional tentu tidak sempat atau merasa agak repot jika harus membawa kamera DSLR sepanjang waktu. Pekerjaan sebagai fotografer professional memang selalu dituntut untuk mampu menangkap moment istimewa pada waktu yang tepat. Karena itulah ia harus selalu siap sedia. Akan tetapi kini telah ada kamera pocket yang memang didesain khusus untuk para fotografer kawakan.

Spesifikasi Nikon Coolpix A

Nikon Coolpix A ini telah dilengkapi dengan sensor berjenis DX/APS-C 16MP. Sensor ini sudah setara dengan sensor yang terpasang pada Nikon D5100 dan D7000. Lensanya juga sudah fix 28mm dengan berbukaan f/2.8. Dan lebih dari itu, meski kamera ini masuk ke dalam kelas kamera compact, akan tetapi kamera ini sudah mampu merekam video full HD. Melihat spesifikasi seperti itu, memang kamera ini tampak seperti kamera yang didesain untuk pemula. Akan tetapi jika dilihat dari keberadaan lensa fixnya, hal ini tampaknya juga akan menarik bagi fotografer yang benar-benar serius dalam dunia fotografi. Lensa fix memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan lensa zoom. Dan secara jelas, perbedaan tersebut terletak pada ketajaman hasil jepretannya. Dari sisi ketajaman gambar, lensa fix jauh lebih baik.

Jika dibandingkan dengan pesaingnya yakni Canon G1X dan Sony RX100, kamera Nikon Coolpix A memiliki sensor yang lebih besar. Hal ini menyebabkan Nikon Coolpix A lebih unggul dalam hal kualitas gambar. Akan tetapi hal ini juga berpengaruh pada harganya yang menjadi jauh lebih mahal. Dengan kombinasi yang apik antara lensa 28mm f/2.8 dengan sensor DX, kamera ini mampu membuat area yang tidak fokus tampak lebih lembut. Namun sayangnya daya tahan baterai kamera ini masih terbilang cukup boros. Secara lebih spesifik, Nikon Coolpix A ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 16MP, layar LCD 3 inci, nody aluminium dengan magnesium pada bagian atasnya serta mampu mengambol 3 foto secara berturut-turut dalam satu detik.

Kamera Compact yang Sangat Pas untuk Jalan-Jalan

Dari segi kemampuan, kamera ini memang cukup menarik. Akan teatpi kamera ini lebih direkomendasikan untuk fotografi jalan-jalan, bukan untuk olahraga ataupun satwa liar. Jadi kamera ini sangat tepat untuk traveling. Namun sayangnya harga kamera compact ini termasuk cukup mahal. Bahkan untuk kisaran harganya sendiri Nikon Coolpix A akan dibanderol dengan harga USD 1099 atau sekitar Rp 10,7 juta.

About Nurandi Andika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *