Kondisi Gelap, Klik, Jadi dan Lumayan Bagus Pula

By on August 25, 2013
1.Kondisi Gelap, Klik, Jadi dan Lumayan Bagus Pula.1

Kondisi gelap bisa menjadi musuh dan kondisi yang menyulitkan saat anda ingin memotret suatu objek. Tapi, dengan beberapa trik dibawah, anda bisa menghasilkan foto yang lumayan bagus dan bersih dari noise meskipun minim cahaya. Tapi sebelumnya, anda harus menyediakan tripod atau dudukan kamera, agar kamera dapat memotret dengan sempurna. Jenis kamera yang bisa dipakai juga bebas, bisa kamera analog SLR jenis lama atau digital terbaru.

Kamera SLR Analog

Bila anda pakai SLR analog, yang menggunakan rol film, pilih jenis film yang mempunyai ISO yang tinggi. ISO 400 atau 800 merupakan pilihan tepat. Meskipun agak mahal, tetapi foto yang dihasilan akan lebih bagus. Tapi, bila anda ingin memotret foto hitam putih dalam kondisi gelap dengan kamera ini, maka jenis film ISO 200 saja sudah cukup.

Kecepatan membuka menutup shutter juga perlu diatur. Untuk kondisi gelap, sebaiknya anda menggunakan kecepatan rendah, yaitu sekitar 60 sampai 30, atau dibawahnya bila memang sumber cahaya sangat sedikit. Dengan kecepatan rendah ini, maka film akan menangkap lebih banyak cahaya dan menghasilkan foto yang lumayan jelas.

Anda juga bisa pakai blitz atau flash untuk menambah cahaya pada objek. Tapi, foto yang dihasilkan tidak akan tampak natural dan indah.

Agar tidak blur, maka pakai timer yang biasanya ada dibagian depan kamera analog. Putar ke waktu yang anda butuhkan dan dengan dikombinasikan dengan tripod, maka, foto yang dihasilkan tidak akan blur.

1.Kondisi Gelap, Klik, Jadi dan Lumayan Bagus Pula.2

Kamera SLR Digital

Pengaturan kamera SLR Digital pada dasarnya sama dengan SLR analog. Tetapi, ada beberapa pengaturan tambahan yang perlu anda lakukan. Mode Aperture Priority adalah yang pertama. Atur pada mode A atau Av untuk memudahkan memotret dalam kondisi gelap. Tapi, bila anda sudah biasa dengan hal ini, maka mode Manual adalah yang setting terbaik.

Selanjutnya, anda perlu mengatur nilai bukaan lensa ke setting rendah, contohnya f/3.5 atau dibawahnya lagi. Semakin rendah setting bukaan lensa ini, maka semakin lebar bukaan lensa tersebut. Artinya, cahaya yang ditangkap akan semakin banyak dan cocok untuk kondisi gelap.

Lensa yang anda pakai sebaiknya yang mempunyai bukaan lensa yang besar, seperti 35 mm f/1.8 atau 50 mm f/1.8. Dengan menggunakan lensa yang mempunyai bukaan besar, maka ISO yang digunakan juga tidak perlu terlalu tinggi. 400 sudah akan menghasilkan foto yang sangat bagus.

Bila ada mode continuous drive, pakai mode itu. Mode ini dapat membantu menangkap gambar yang stabil dengan bukaan lensa yang besar. Tekan dan tahan tombol shutter untuk menghasilkan banyak foto. Mungkin ada beberapa foto yang blur, tapi pasti ada salah satu yang terbaik yang bisa dipilih.

 kamera slr digital

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *