Hal-hal yang Wajib Diperhatikan saat Membeli Lensa Manual

By on December 13, 2013
4.Hal-hal yang Wajib Diperhatikan saat Membeli Lensa Manual1

Kamera sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia modern yang ingin senantiasa menangkap momen spesial dalam beragam kesempatan. Kamera poket yang mudah dibawa-bawa kini semakin banyak ditemukan, tetapi kamera DSLR boleh jadi merupakan kamera profesional yang semakin banyak diminati khususnya bagi pada pecinta fotografi. Nah, pengambilan gambar secara profesional dengan kamera DSLR tidak bisa dipisahkan dengan lensa.

Ada beragam produk lensa yang bisa ditemukan di pasaran, tetapi banyak pecinta fotografi yang memilih menggunakan lensa manual begitu mengetahui bahwa lensa manual ini mempunyai banyak kelebihan. Menghasilkan jepretan yang lebih tajam dan harga yang lebih murah boleh jadi merupakan salah satu alasan yang membuat mereka memilih lensa manual. Namun, sebelum membeli lensa manual, Anda harus mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk mendapatkan lensa manual yang tepat apalagi jika Anda masih awam di dunia fotografi.

Spesifikasi, Merk, Usia, dan Kondisi Lensa

Sebelum membeli lensa manual, jelas Anda harus menentukan terlebih dahulu mengenai spesifikasi lensa manual yang Anda inginkan atau perlukan. Anda bisa menemukan beberapa produk lensa manual dengan jenis zoom dan lensa tetap (prime atau fix) yang lebih umum dijumpai. Lensa prime sangat cocok untuk Anda yang memilih genre portrait dengan panjang fokal 35-85 mm sementara jika Anda memotret untuk kebutuhan khusus, Anda bisa menggunakan Tele dengan panjang fokal lebih dari 200 mm. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan diafragma yang dihargai lebih mahal jika ukurannya semakin besar.

Merk juga wajib Anda perhatikan saat pembelian lensa manual. Anda bisa mempertimbangkan produk third party seperti Helios, Minolta, dan Tamron untuk mendapatkan harga yang lebih murah sementara produk lensa dengan merk Nikon dan Canon yang sudah cukup akrab dengan pegiat fotografi Indonesia boleh dikatakan cukup mahal terlebih produk lensa merk Leica dan Carlz Zeiss.

Di pasaran terutama pasar second, Anda perlu memperhatikan umur lensa yang akan Anda beli karena ada beberapa lensa yang mencapai usia setengah abad mengingat lensa manual cukup banyak digunakan di masa lampau. Kondisi lensa juga tidak boleh dilupakan karena boleh jadi ada jamur yang tumbuh di sekitar optik atau debu yang mengumpul pada lensa.

Mount, Adapter, dan Penjual

Lensa manual kembali dipilih di dunia fotografi karena bisa digunakan pada beragam kamera DSLR modern. Namun, Anda perlu mempertimbangkan faktor mount atau dudukan lensa mengingat jenisnya bisa sangat beragam sehingga Anda harus benar-benar teliti. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda memiliki adapter untuk lensa manual tersebut. Anda bisa menemukan adapter yang murah, tetapi tidak dilengkapi fokus tidak terhingga atau infinity fokus sehingga ada baiknya Anda membeli adapter lensa manual yang dilengkapi dengan infinity fokus meskipun dengan harga yang lebih mahal.

Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan saat membeli lensa manual adalah memastikan bahwa penjual lensa manual tersebut bisa dipercaya. Jika membeli secara online, sebaiknya Anda memilih penjual yang menjelaskan spesifikasi produk secara mendetail.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *