Facebook Ciptakan Kamera Mirip Piring Terbang Surround 360

By on April 13, 2016
camera-Surround-360-Facebook

Demi mendorong pertumbuhan konten video 360 derajat, plus mendukung penggunaan konten video virtual reality (VR), baru-baru ini Facebook membuat desain kamera khusus yang bisa merekam video hingga 360 derajat yang biasa digunakan oleh videografer, dengan nama Facebook Surround 360.

Kamera hasil rancangan Facebook ini dirangkai khusus dalam sebuah rig yang sangat mirip dengan bentuk piring terbang. Di pasar Amerika, kamera khusus ini dibanderol dengan harga USD 30.000 atau setara dengan harga Rp 400 juta.

Seperti dilansir dalam Digital Trends, rig kamera tersebut terbentuk dari 14 kamera dengan lensa sudut lebar yang ditata melingkar. Tidak hanya itu, Facebook Surround 360 dilengkapi juga dengan satu lensa fish-eye di bagian atas dan dua lensa lainnya di bagian bawah rig.

Dengan menggunakan susunan kamera seperti itu, maka hasil video nantinya bisa disambung-sambungkan tanpa menampilkan pegangan yang dipasang di kamera, sekaligus mampu menyelesaikan kendala yang selama ini dialami oleh kebanyakan video VR.

Dalam keterangannya, pihak Facebook menyatakan jika Surround 360 dibekali dengan kemampuan merekam video hingga berjam-jam tanpa kendala kepanasan. Uniknya lagi, tiap sensor kamera yang dipasang diklaim mampu merekam video beresolusi 8K.

Facebook Surround 360

Nantinya, video hasil tangkapan Facebook Surround 360 ini bisa ditonton lewat berbagai perangkat virtual reality, dari mulai Samsung Gear VR, hingga Oculus Rift. Tidak hanya itu, video tersebut pun nantinya bisa langsung diunggah ke jejaring sosialnya dengan hanya sedikit pemrosesan.

Sayang hingga kini Facebook belum bisa mengumumkan ke mana saja Surround 360 ini akan dipasarkan. Untuk sementara, perangkat canggih ini dijual terbatas untuk wilayah Amerika. So, bagaimana menurut anda dengan kamera super mahal tersebut?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *