Cara Mudah Berfoto Di Museum

By on January 6, 2014
4.CARA Mudah Berfoto Di Museum3

Museum adalah destinasi wisata mengasikan dan menambah wawasan. Bagi Anda yang telah mempunyai buah hati, tentunya museum menjadi pilihan tepat untuk mengisi liburan sekaligus memberikan pengalaman baru dalam bidang pendidikan. Museum biasanya didesain dengan unik dan berbeda, belum lagi berbagam karya, pengetahuan sejarah, kekayaaan alam menari di dalamnya. Berfoto di museum adalah agenda yang tidak bisa Anda lepaskan, ketika mengunjungi museum.

Patuhi segala peraturan museum

Setiap museum mempunyai regulasi sendiri, perilah bolehkan Anda berfoto di museum. Bila memang diijinkan, Anda tetap akan berhadapan dengan situasi di dalam museum yang cenderung minim cahaya. Tenang saja, Anda masih bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini, supaya acara memotret Anda tetap terlaksana dengan baik.

1. Jangan pernah Anda melanggar peraturan yang ditetapkan pada pengunjung museum. Bila ada larangan pengambilan gambar, berarti Anda tidak boleh memotret apapun. Ada juga yang membolehkan berfoto di museum, tapi tidak boleh menggunakan flash atau lampu kilat dan beragam peraturan lainnya yang harus Anda patuhi.

2. Kondisi di dalam museum biasanya sangat minim cahaya, sehingga Anda harus pintar dalam menseting kamera Anda. Supaya gambar yang dihasilkan lebih baik. Sebaiknya Anda menerapkan ISO sebesar 200 hingga 400. Seting juga shutter speed menjadi 1/60. Disarankan memantulkan flash ke arah atap, sehingga cahaya bisa menjalar ke berbagai arah. Jika dilarang memakai flash, Anda bisa mengatur aperture lebih luas dan shutter speed yang lebih tinggi. Atur juga setingan white balance, supaya gambar yang dihasilkan tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang.

foto, foto di museum, tips foto, kamera

3. Hindari pantulan kaca dengan tidak memakai flash saat memotret. Karena biasanya berbagai benda di museum dikelilingi kaca, guna melindungi sentuhan manusia dan kerusakan. Sebaiknya dekatkan lensa kamera menempel pada kaca. Tapi Anda jangan lupa membersihkan kaca tersebut, supaya tidak terhalang debu atau kotoran lainnya. Sehingga gambar yang dihasilkan lebih jernih, layaknya tanpa penghalang kaca. Kekuatan ISO kamera Anda bisa diseting lebih besar, karena biasanya benda di dalam kaca minim cahaya.

4. Memperhatikan detail benda yang di museum bisa Anda lakukan, supaya hasil gambar lebih detail dan menarik. Gunakan lensa makro untuk gambar lebih terkesan dramatis. Jangan lupa cegah distorsi lensa dengan menjaga  focal length tetap lebar.

5. Memotret bangunan museum biasanya juga Anda lakukan, karena arsitektur museum memiliki nilai seni dan sejarah yang tinggi. Pastikan setingan cahaya mencukupi untuk pengambilan gambar. Anda bisa 5memakai tripod guna mendapatkan gambar yang stabil.

Hargai hak orang lain

Tentunya pengunjung museum tidak hanya Anda saja. Anda harus menghargai dan memberi ruang pada pengunjung lain untuk berfoto. Bila pemakaian tripod bsia mengganggu pengunjung lain, sebaiknya Anda lipat dan masukan tripod ke dalam tas. Sehingga pengunjung lain tidak terganggu oleh tindakan Anda.

foto, foto di museum, tips foto, kamera

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *