Cara Memotret Kembang Api Tahun Baru Dengan CamDig

By on December 24, 2013
4. Cara Memotret Kembang Api Tahun Baru Dengan CamDig 1

Saat sekarang CamDig atau digital camera bukan hal yang mewah lagi. Hampir setiap orang mempunyai kamera digital walau hanya sebatas kamera digital saku. Namun walaupun kamera digital yang dipunyai sekelas kamera saku namun dengan cara yang tepat Anda bisa memotret kembang api tahun baru dengan hasil yang luar biasa. Yang Anda butuhkan hanya teknik dan timing yang tepat saja.

Memang momen tahun baru adalah momen yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja karena ada banyak hal yang bisa dikenang dalam momen seperti itu. Oleh sebab itu momen gegap gempita tahun baru dan kemeriahanya tidak boleh dilewatkan dan Anda harus mempersiapkan kamera digital Anda untuk mengabadikan momen tersebut. Namun sayang banyak orang yang gagal mengabadikan momen kembang api tersebut karena kesalahan fatal yang seharusnya tidak perlu terjadi.

Memotret kembang api bukanlah tentang memotret kejadian namun proses kembang api tersebut meluncur dan kemudian meledak diudara membentuk pijaran-pijaran yang sangat indah. Banyak yang salah caranya dalam memotret kembang api sehingga momen sekali dalam setahun ini terlewatkan begitu saja. Walau mungkin terpotret namun hasilnya pasti tidak maksimal.

 foto kembang api

Oleh sebab itu ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk dapat memotret kembang api dengan baik. Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih lokasi dan konsep yang tepat. Pilihlah lokasi kira-kira dimana Anda akan mendapat pandangan yang bebas dan sudut memotret yang paling baik. Tempat yang baik adalah tempat yang cukup tinggi dan bebas dari halangan.

Berikutnya, siapkan lensa dan tripod. Anda  bisa mengambil gambar mempergunakan kamera apa saja yang penting bisa dipasang di tripod atau bisa di-self timer. Menggunakan lensa tele lebih bagus jika Anda adalah photographer profesional karena tele mahal harganya. Yang paling tepat adalah memotret kembang api tahun baru dengan kamera DSLR lensa bawaan. Kamera tersebut sudah cukup pas jika Anda juga pas dalam pengambilan tempat dan sudut pandang.

Penggunaan tripod sangat disarankan untuk menghindari goncangan saat Anda menekan shutter. Hal ini penting karena memotret kembang api tahun baru dengan camdig harus dilakukan dengan kecepatan yang sangat lambat dan bahkan sampai dengan 5 detik. Jika kamera Anda goyang sedikit saja maka momen tersebut akan hilang. Jika tidak ada tripod bisa diletakkan di tempat yang datar, pokoknya jangan sampai terguncang.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah settingan kamera harus diatur secara manual dan pastikan titik fokus pada timbulnya kembang api. Iso sebaiknya diatur pada posisi 100 dan kecepatan shutter pada slowspeed atau mode B dan bukaan  diafragma pada posisi 8 atau 11. Untuk hasil yang bagus tekan shutter 1-2 detik sebelum kembang api meledak.

 foto kembang api

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *