Cara Memaksimalkan Penggunaan Lampu Kilat pada Kamera

By on October 3, 2013
4.Cara Memaksimalkan Penggunaan Lampu Kilat pada Kamera1

Beberapa orang yang menyukai fotografi rupanya banyak bertanya mengenai lampu kilat atau flash. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah mengenai penggunaan flash di tempat gelap seperti resepsi pernikahan. Biasanya, hasil yang Anda dapatkan tidak sama, kadang terang dan kadang gelap. Lalu, apa penyebab terjadinya hasil ini? Hal ini sangat berhubungan dengan recycling time.

Recycling time merupakan waktu yang dibutuhkan oleh lampu kilat pada kamera kembali pulih untuk kemudian menembakkan kekuatannya secara penuh. Jika flash ditembakkan saat gelap maka, lampu ini memerlukan tenaga yang lebih besar. Tenaga tersebut digunakan untuk menerangkan subjek dan ruangan saat Anda memotret. Waktu standar yang dibutuhkan flash pada kamera untuk pulih adalah sekitar 5 hingga 6 detik namun bisa jadi lebih cepat atau mungkin saja lebih lambat.

Akan sangat wajar jika hasil jepretan Anda terlihat gelap walaupun menggunakan lampu kilat khususnya jika Anda memotret dengan cepat dan dalam waktu yang berturut-turut. Contohnya, Anda memotret setiap 3 detik dan dilakukan terus menerus. Dalam kasus seperti ini kekuatan flash pada kamera Anda akan semakin melemah dari sebelumnya. Perlu diketahui bahwa cepat dan lambatnya recycling time juga tergantung dari jenis lampu kilatyang Anda gunakan saat memotret.

4.Cara Memaksimalkan Penggunaan Lampu Kilat pada Kamera2

Salah satu lampu kilat yang memilki recycling time sangat cepat yaitu sekitar 2 detik saja adalah milik Nikon SB910. Selain itu, performa baterai juga sangat menentukan cepat lambatnya flash pada kamera saat memotret. Salah satu triknya adalah dengan menggunakan baterai yang rechargeable dan tentunya berkapasitas tinggi. Pastikan bahwa saat menggunakan kamera baterai sudah terisi penuh karena jika baterai sudah hampir habis maka kinerjanya akan melambat dan tentu saja hasil jepretan tidak akan maksimal.

Selain pertanyaan mengenai lampu kilat, para pencinta fotografi khususnya yang masih pemula sering menanyakan mengenai penggunaan ISO. Mereka masih bingung apakah ISO perlu dinaikkan atau tidak saat menggunakan flash. Pada dasarnya, ISO memang mempengaruhi kekuatan flash. Selain itu, ISO juga akan mempengaruhi cahaya disekitarnya termasuk jika ada lampu disekitarnya.

Maka dari itu dengan menaikkan ISo maka lampu kilat akan terbantu khususnya jika lampu kilat tersebut berkekuatan rendah. Anda juga perlu menaikkan ISO karena cahaya disekitar objek foto Anda akan menjadi lebih terang. Jadi intinya, Anda tidak wajib menaikkan ISO pada kamera walaupun menggunakan lampu kilat namun jika memang dibutuhkan maka ada baiknya ISO dinaikkan agar hasil yang Anda dapatkan menjadi lebih maksimal.

Perihal lampu kilat ini memang tampak sepele khususnya bagi mereka yang tidak mendalami fotografi secara profesional. Namun, dengan adanya penjelasan di atas maka diharapkan Anda bisa menggunakan flash dengan tepat dan cermat sehingga hasil jepretan Anda akan semakin baik.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *