Canon EOS 80D Hadir dengan Fokus yang Lebih Baik

By on April 27, 2016
3. Canon EOS 80D Hadir Dengan Fokus Yang Lebih Baik 2

Canon EOS 80D hadir sebagai penerus dari EOS 70D di kelas kamera Digital Single-Lens Reflex (DSLR) kelas menengah dari Canon. Dan, statusnya sebagai penerus, maka spesifikasi produk baru ini jauh lebih baik dari seri sebelumnya.

Salah satu peningkatan spesifikasi yang tampak adalah beberapa fitur baru yang ada pada produk ini. Seperti, sistem AF dengan 45 titik fokus, ISO 25.600, prosesor DIGIC 6 dan sensor CMOS 24,2 megapiksel. Menurut Merri Harun, Canon Divison Director, pt. Datascrip, peningkatan ini akan mempertahankan kualitas seri ini sebagai yang terbaik di kelasnya.

Fitur AF yang ada pada EOS 80D yang mengalami peningkatan paling signifikan. Mulai dari cakupan bidang yang lebih luas hingga jumlah cahaya minimum yang dapat dibidik hingga EV-3.

EOS 80D juga mengalami peningkatan pada sistem viewfinder-nya. Produk ini menggunakan intelligent viewfinder yang mampu membidik 100% area bidikan. Fitur ini tidak dapat ditemukan di kamera lainnya di kelas yang sama.

Dengan adanya fitur ini maka Anda dapat dengan mudah membidik obyek, karena dalam viewfinder akan terpampang semua informasi yang Anda ingin ketahui. Mulai dari AF, level elektronik dan lainnya sehingga lebih mudah untuk menentukan bidikan yang tepat.

EOS 80D juga dilengkapi dengan mekanisme yang cukup halus untuk pengoperasian sistem AF yang dimilikinya. Fitur ini membuat kinerjanya berjalan mulus bahkan saat digunakan untuk membidik foto dengan kecepatan 7 fps.

Fitur AF (Auto Focus) pada Canon EOS 80D  juga diperkuat dengan adanya gabungan sensor metering 7560 piksel RGB + IR dengan teknologi EOS Scene Analysis. Gabungan fitur ini membuat sistem AF dapat berkerja dengan lebih akurat dan dapat meningkatkan kualitas white balance. Masih pada fitur Auto Focus, Canon juga menambahkan teknologi Dual Pixel CMOS AF yang membuat pengguna dapat mengatur fokus dengan mudah.

Masih pada fitur AF, Canon juga menambah fitur Movie Servo AF Custom Speed. Fitur ini mempermudah pengaturan kecepatan AF hingga 10 level. Dengan fitur ini, maka hasil rekaman film yang diambil akan lebih menarik karena dapat ditambahkan berbagai efek sinematis. Didukung dengan fitur-fitur baru seperti Dream, Miniature, Old Movie, Dramatic B&W, serta Memory, maka film yang dihasilkan dapat menjadi lebih menarik.

Dapat dikatakan, Canon ingin membuat pengguna dapat menggunakan seri terbaru ini dengan lebih mudah, namun tetap menghasilkan hasil dengan kualitas tinggi. Dan yang pasti, peningkatan yang cukup signifikan pada bagian sistem AF akan membuat kamera ini lebih terasa profesional.

Untuk harga, Canon EOS 80D  dirilis dengan harga sekitar Rp. 16 jutaan. Harga ini terbilang sangat terjangkau untuk kamera DSLR kelas menengah dengan kemampuan seperti kamera profesional.

Canon EOS 80D

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *