6 Tips Mudah Membuat Foto Siluet

By on January 1, 2014
4.6 Tips Mudah Membuat Foto Siluet.2

Siluet kadang terlihat indah walaupun Anda tidak mengetahui tekstur asli objek tersebut. Siluet saat ini merupakan salah satu genre fotografi yang banyak diminati. Pada dasarnya, lensa kamera hampir sama dengan mata manusia.

Saat Anda melihat ke depan dan melihat cahaya menyilaukan ke arah Anda dan tidak ada sinar yang melawanny serta ada sebuah objek di depan Anda, di situlah terjadi efek siluet. Untuk menghasilkan siluet yang bagus, cahaya dari belakang objek harus terang sehingga objek dapat terlihat gelap.

Saat ini, banyak yang membuat efek siluet dengan olah digital atau tidak alami dari kamera. Padahal, membuat foto siluet sebenarnya tidak begitu sulit. Berikut ini ada beberapa tips mudah untuk membuat efek siluet asli langsung dari kamera.

Pagi atau Sore Hari

Sunrise dan sunset merupakan saat yang paling dinantikan oleh para fotografer. Selain dapat memperlihatkan keindahan matahari, keadaan ini juga bagus untuk membuat siluet. Pasalnya, pada saat sunrise maupun sunset, matahari sedikit di atas garis cakrawala. Momen inidalam fotografi disebut dengan Golden Hour.

Objek Di Depan Cahaya

Ketika objek berada di depan Anda, cahaya akan membuat objek gelap. Bila sebaliknya, bukan efek siluet yang didapat, tetapi foto biasa dengan objek yang dapat dilihat.

foto siluet

Tidak Menggunakan Flash

Simpan flash eksternal kamera Anda atau non aktifkan built in flash pada kamera karena Anda tidak memerlukannya. Ini karena flash hanya akan membuat objek terlihat terang dan gagal membuat foto siluet

Bentuk Objek Harus Jelas

Dengan objek yang gelap, orang perlu mengetahui siluet tersebut dari bentuknya. Jika bentuknya tidak jelas, siluet pun menjadi tidak menarik. Kadang, foto siluet manusia terlihat menarik jika dipadukan dengan gaya melompat atau orang yang melakukan aktivitas dengan jelas.

Objek siluet tidak harus selalu manusia. Sebenarnya, Anda juga dapat bereskplorasi dengan berbagai objek lain seperti bangunan, pohon, binatang, dan benda – benda lain yang memiliki bentuk yang jelas. Untuk itu, perlu ide dan imajinasi dari diri Anda, tidak hanya mengandalkan teknik

Menggunakan Cahaya Buatan

Selain memanfaatkan efek cahaya matahari, siluet juga bisa dibuat dengan menggunakan flash. Jika flash yang dihadapkan ke objek dilarang, maka jika flash berada di belakang objek dapat membuat foto siluet. Anda dapat menggunakan teknik flash off kamera.

Cara penggunaannya, tempatkan flash eksternal di belakang objek. Anda memerlukan perangkat trigger untuk memicu flash pada saatshutter ditekan. Biasanya, siluet dengan lampu kilat akan membuat tepi objek menyala.

Pengaturan Segitiga Fotografi

Siluet lebih bagus jika menggunakan ketajaman frame menyeluruh. Anda tidak membutuhkan efek lain yang membuat hasil foto tidak bagus. Anda bisa menetapkan pengaturan bukaan pada angka f/8 atau f/10 atau seterusnya.

Jika objek sedang bergerak, gunakan rana dengan kecepatan tinggi. ISO yang tinggi tidak diperlukan karena cahaya dari latar sudah cukup dan objek juga tidak memerlukan penerangan.

foto siluet

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *