Beberapa Ketinggalan Tablet Android Dari iPad

By on August 19, 2013
25.-Beberapa-Ketinggalan-Tablet-Android-Dari-iPad-02

Produk tablet Android dikabarkan memiliki penjualan melebihi iPad untuk pertama kalinya pada kuartal kedua tahun 2013 ini, meskipun begitu, iPad, yang sebentar lagi akan kedatangan tipe baru yakni iPad mini, sepertinya masih unggul jika membandingkan unsur kualitas serta kuantitas aplikasi jika dibandingkan dengan produk tablet Android. Lembaga riset Canalys mengeluarkan informasi mengenai kedua catatan tersebut, tablet Android, yang salah satu keluaran terakhirnya adalah Nexus 7, merupakan produk dan platform yang dikeluarkan oleh perusahaan Google masih mengalami ketinggalan jika dibandingkan dengan iPad.

Lembaga riset tersebut menyatakan bahwa tablet Android masih memiliki kekurangan di program dan sistem operasi yang ada karena masih kurangnya jumlah atau pilihan aplikasi yang memiliki kualitas tinggi serta mampu bekerja optimal untuk memaksimalkan fungsi dan kinerja dari sebuah tablet Android.

Perbandingan Kualitas Aplikasi iPad Dengan Tablet Android

Terdapat kurang lebih 30 persen dari 50 buah aplikasi berbayar dan juga gratis yang menjadi aplikasi iPad terpopuler di Amerika Serikat yang tidak ditemukan di Google Play Store. Kurang lebih 18 persen dari aplikasi – aplikasi untuk tablet Android tidak dioptimalkan untuk digunakan dan bekerja di sebuah tablet Android, aplikasi –  aplikasi tersebut masih menggunakan tampilan yang kurang lebih atau benar- benar serupa dengan versi aplikasi untuk smartphone dan hanya menggunakan elemen – elemen visual dengan ukuran yang lebih besar dan disesuaikan dengan ukuran serta resolusi layar sebuah tablet Android. Hal tersebut menunjukkan bahwa para developer aplikasi masih belum memberikan prioritas untuk memngembangkan aplikasi yang memang didesain khusus untuk tablet Android.

Hanya terdapat kurang lebih 52 persen produk aplikasi yang telah dioptimalkan ataupun dibuat khusus untuk tablet Android yang tersedia di Google Play Store, keterangan tersebut diutarakan oleh Tim Shepherd yang merupakan seorang senior analis di Canalys. Sedangkan aplikasi untuk iPad yang tersedia di App Store Apple yang telah dioptimalkan untuk digunakan pada perangkat iPad tercatat berjumlah lebih dari 375.000 aplikasi.

Kondisi tersebut sepertinya disebabkan karena popularitas tablet Android baru terasa dan muncul pada satu tahun terakhir. Persaingan tablet Android dengan iPad dapat menjadi semakin ketat jika Google bersedia meningkatkan kualitas aplikasi yang disediakan di Google Play Store dengan melakukan optimalisasi aplikasi untuk digunakan di tablet Android.

Perbaikan Google Agar Tablet Android Makin Dapat Bersaing Dengan iPad

25.-Beberapa-Ketinggalan-Tablet-Android-Dari-iPad-01

Ada beberapa hal penting dan mendasar yang harus diperhatikan oleh Google dalam upaya mengembangkan aplikasi yang dioptimalkan untuk bekerja di tablet Android, pengembangan ekosistem dalam Google Play Store tidak hanya mengenai jumlah perangkat yang beredar saja namun juga perlu memperhatikan strategi bisnis yang kuat dan terencana dalam upaya mengembangkan aplikasi yang berkesinambungan pada platform tersebut.

Peningkatan potensi monetisasi menjadi hal yang seharusnya dijadikan prioritas oleh Google dalam upaya mengembangkan aplikasi – aplikasi yang dioptimalkan untuk digunakan pada tablet Android, demikian penuturan dari Tim Shepherd terkait dengan upaya Google dengan produk tablet Android dalam bersaing dengan produk iPad dari Apple.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *