Beberapa Kejadian Meledaknya Telepon Genggam Samsung

By on July 12, 2013
Beberapa-Kejadian-Meledaknya-Telepon-Genggam-Samsung-1

Pengguna telepon genggam ternyata harus menghadapi resiko handset meledak, kasus sebuah smartphone yang meledak terjadi pada seorang gadis dari Swiss yang menggunakan sebuah Samsung Galaxy S3. Kejadian tersebut ternyata bukan yang pertama kali setelah pada bulan Mei lalu pemilik aakun vizionx1208 di Reddit mempubilkasikan sebuah foto Samsung Galaxy S3 miliknya yang telah meledak dan hancur.

Pemilik akun tersebut bercerita bahwa kejadian meledaknya telepon genggam Samsung Galaxy S3 miliknya tersebut terjadi ketika ia tengah tidur, tiba –  tiba terdengar suara keras mencicit dari telepon genggam yang kemudian diikuti oleh kemunculan asap dan bau benda yang terbakar. Ponsel yang terbakar tersebut kemudian di guyur dengan segelas air untuk menghentikan api yang membakar, namun api telah merambat ke sprei dan mengakibatkan luka bakar di jari sang pemilik telepon genggam. Berita meledaknya Samsung Galaxy S3 tersebut juga dimuat di harian Daily Mail.

Kejadian Samsung Galaxy S3 Meledak Atau Terbakar

Beberapa kejadian meledaknya telepon genggam Samsung Galaxy S3 juga telah terjadi pada beberapa pengguna sebelumnya, salah satu kejadian Samsung Galaxy S3 meledak terjadi pada pengguna yang berasal dari Irlania. Dari pengakuan pemilik telepon genggam tersebut, handset miliknya mengeluarkan api dan meledak di saat mengendarai mobil. Meskipun begitu, kejadian ini terjadi ternyata karena kesalahan pengguna atau pemilik telepon genggam.

Dalam pengakuannya, pemilik Samsung Galaxy S3 asal Irlandia tersebut berusaha mengeringkan telepon genggam yang sebelumnya basah ke dalam sebuah microwave. Perlakuan mengeringkan telepon genggam di dalam microwave inilah yang diduga kuat menjadi penyebab meledaknya handset Samsung Galaxy S3 tersebut. Baterai telepon genggam yang basah dan dikeringkan dengan microwave dapat menjadi gagal berfungsi normal dan memicu terjadinya ledakan yang dapat membakar sirkuit dan juga seluruh telepon genggam.

Kejadian Telepon Genggam Lain Yang Meledak

Beberapa-Kejadian-Meledaknya-Telepon-Genggam-Samsung-2

Ternyata kejadian meledak atau terbakar tidak hanya terjadi pada telepon genggam Samsung Galaxy S3, seorang pemilik Samsung Galaxy Note dari Korea Selatan juga mengalami kejadian yang serupa. Pria dari Korea Selatan tersebut mengalami luka bakar ringan setelah Samsung Galaxy Note miliknya meledak dan terbakar ketia ia sedang berjalan. Ledakan tersebut ditengarai berasal dari baterai yang digunakan, kegagalan baterai berfungsi dengan normal menimbulkan percikan api yang memicu ledakan dan terbakarnya sebuah telepon genggam.

Kejadian ledakan telepon genggam yang terjadi karena ditimbulkan oleh baterai yang gagal berfungsi juga pernah terjadi pada tahun 2010 ketika telepon genggam meledak dan terbakar ketika disimpan di saku belakang. Setahun sebelumnya juga terjadi sebuah kejadian telepon genggam yang meledak sehingga menimbulkan korban jiwa, seorang pria dilaporkan meninggal setelah pembuluh darah arterinya terluka akibat telepon genggam yang meledak.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *