Awal Mula Kehadiran Sistem Operasi Android

By on April 20, 2013
droid-1

droid-1

Kehadiran ponsel pintar saat ini memberikan banyak sekali kemudahan dalam beragam hal, tentunya termasuk dalam hal berkomunikasi. Hampir semua orang tentu memiliki paling tidak satu buah ponsel pintar. Ya, kehadiran ponsel pintar atau smartphone ini sangat menjamur saat ini. Beragam jenis ponsel pintar dari berbagai pabrikan pun dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan keinginan.

Selain beragam jenis dan seri ponsel pintar dari beraneka macam merk dan pabrikan ponsel, kita juga akan menenukan ponsel pintar dengan beragam pilihan operating system atau sistem operasi. Salah satunya ialah sistem operasi Android yang cukup fenomenal dan populer. Android yang memiliki lambang rombot mungil berwarna hijau ini merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan pada ponsel pintar saat ini dan bahkan merajai dunia ponsel pintar saat ini karena lebih dari 50 persen ponsel pintar menggunakan sistem operasi ini.

Tentu kita semua sudah cukup familiar dengan sistem operasi tersebut bukan? Begitu banyak ponsel pintar menggunakan sistem operasi ini membuat kita cukup kenal dengan Android, namun tahukah Anda bahwa Android pada awalnya bukan dirancang untuk industri ponsel?

Sistem Operasi Android

Sistem operasi Android memang sudah dikenal banyak masyarakat luas sebagai sistem operasi pada mobile device seperti misalnya ponsel pintar. Meskipun demikian, pendiri Android yakni Andy Rubin pada sebuah konferensi di Tokyo mengungkapkan bahwa sebetulnya pada awalnya Android menjadi realisasi mimpi dari keinginan mereka untuk membuat sebuah operating system yang mampu menjembatani sebuah kamera digital dengan komputer secara langsung.

Namun, karena pada saat itu pangsa pasar menuju ke arah tren ponsel pintar, maka tim dari Rubin pun merubah haluan untuk menciptakan sistem operasi tersebut untuk ponsel pintar karena mereka pun mulai berpikir bahwa tren kamera digital sudah mulai surut dan tentunya akan menghambat kesuksesannya. Untuk merubah haluan tersebut, yakni dari sistem operasi untuk kamera digital ke sistem operasi mobile device.

Timnya hanya memerlukan waktu kurang dari 6 bulan, sehingga di tahun ’05 sistem operasi ini sudah menjadi sebuah sistem operasi untuk keperluan mobile device seperti ponsel. Pada dasarnya sistem operasi tersebut persis dengan sistem operasi kamera digital yang pada awalnya mereka buat. Pada tahun tersebut pula Google pun memilih untuk mengakuisisi perusahaan tersebut dengan Rubin sebagai kepala divisi pada permulaannya.

droid-2

Kamera dengan Sistem Operasi Android

Seiring dengan berjalannya waktu, impian awal Rubin dan timnya sebagai pendiri Android pun mulai nampak realisasinya. Mereka yang pada awalnya ingin membuat sebuah platform yang langsung dapat menyimpan foto melalui online cloud, mulai terlihat hasilnya. Hal tersebut sudah barang tentu menjadi suatu peluang besar seiring dengan banyaknya produk kamera dengan mengoptimalkan fungsi dari WiFi. Impian awal mereka pun sudah mulai menampakkan hasilnya terlihat dari beberapa device seperti kamera Coolpix S800C dari Nikon, serta Samsung Galaxy-Camera.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *