Android Runtuhkan Tablet iPad

By on March 6, 2014
6. Android Runtuhkan Tablet iPad 1

Sistem Operasi iOS di divisi Tablet saat ini sedang goyah karena kehadiran tablet dari Android.  Sebuah perusahaan riset yang bernama Gartner, total angka penjualan tablet secara global meningkat. Angka peningkatannya mencapai 127 persen. Kemudian di tahun 2013, tablet yang berisi OS Android terlihat berhasil mengejar angka penjualan tablet iOS. Masih dari hasil analisa Gartner, penjualan tablet Android di tahun 2013 mencapai 120,9 juta. Angka ini menunjukan bahwa Android telah berhasil menguasai pangsa pasar tablet secara global sebesar 61,9 persen di tahun yang sama. Coba review sebentar di tahun 2012. Di tahun 2012, angka penjualan tablet berbasis Android hanya sekitar 53,3 juta saja. Dengan kata lain, pangsa pasar tablet Android di tahun 2012 hanya 45,8 persen. Peningkatan yang cukup signifikan bukan bila dibandingkan dengan kenaikan prosentase pangsa pasar tablet Android di tahun 2013?

Coba bandingkan dengan angka penjualan tablet iPad yang berbasis iOS. Meski angka penjualannya meningkat dari 61,4 juta menjadi 70,4 juta di tahun 2012 hingga tahun 2013, prosentase pangsa pasarnya mengalami penurunan sebanyak 36 persen. Sebelumnya, pangsa pasar untuk tablet iPad sebesar 52,8 persen di tahun 2012. Menurunnya pangsa pasar untuk tablet iPad disebabkan karena banyaknya permintaan konsumen akan tablet murah dengan layar lebih kecil meningkat. Di sisi lain, Android terus memasarkan tablet berbasis Android dengan layar yang lebih mungil dan harga yang lebih terjangkau. selain itu, yang membuat banyak konsumen beralih ke tablet berbasis Android adalah pilihannya yang cukup banyak dan spesifikasi yang sangat memadai. Ini merupakan hasil analisa Perusahaan Gartner yang disampaikan langsung oleh direktur risetnya yang bernama Roberta Cozza.

harga ipad, android, tablet, tablet ipad, gadget

Bagaimana dari sisi vendor? Vendor apa yang paling mendominasi? Kedudukan teratas atau top seller masih ditempati oleh Apple yang jauh dari posisi Vendor asal Korea Selatan, Samsung. Samsung berada di perangkat kedua dengan total penjualan 37,4 juta. Untuk pangsa pasar Samsung,  angka yang terlihat sebesar 19,1 persen saja. Di tahun 2013 lalu, Samsung mengalami peningkatan penjualan dan pangsa pasar bila dibandingkan dengan tahun 2012 lalu. Di tahun 2012, Samsung harus puas dengan angka penjualan 8,5 juta tablet saja. Angka penjualan tablet Samsung ini setara dengan angka pangsa pasar 7,4 persen.

Sudah beberapa tahun terakhir, sistem operasi Android memang menjadi sistem operasi yang paling banyak dipilih oleh banyak pengguna perangkat teknologi informasi. Tak hanya di segmen tablet, untuk segmen ponsel pintar juga mengalami peningkatan secara tajam. coba Anda lihat, sekarang ini sebagian besar pengguna ponsel pintar memiliki ponsel pintar berbasis Android, meski tak semua pengguna memakai ponsel Android.

harga ipad, android, tablet, tablet ipad, gadget

BACA JUGA:

Agar Tak Salah Memilih Tablet

Apple iPad Mini Akhirnya Resmi Dipasarkan di Indonesia

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *