Akusisi Perusahaan Smartphone Apple Atas Beats di Tahun 2014

By on December 24, 2014
1. Akusisi Perusahaan Smartphone Apple Atas Beats di Tahun 2014 1

Apple pada tahun 2014 ini melakukan pencacatan akusisi paling mahal dalam sejarah berdirinya Apple. Setelah lama mempertimbangkan akhirnya Apple dibawah CEO yang baru, memutuskan untuk membeli perusahaan musik Beats Audio. Pembelian ini tidak main-main karena melibatkan uang sebanyak 3 miliar Dollar Amerika. Pembelian ini termasuk yang paling mahal dalam sejarah Apple karena perusahaan smartphone Apple yang kaya ini sangat anti untuk menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang kurang berarti dan menguntungkan bagi mereka.

Jumlah uang untuk membayar perusahaan Beats Electronics ini berarti bahwa perusahaan audio milik Dr. Dre dan Lovine ini sangat berarti banyak dan memberikan potensi keuntungan kepada smartphone Apple yang luar biasa. Pembelian perusahaan Beats ini dirinci dalam dua bagian yaitu 2,6 miliar dolar Amerika dibayarkan secara cash dan 400 juta dolar Amerika diberikan sebagai saham investasi.

Tak menunggu lama, badan regulator Amerika Serikat segera memproses pembelian ini dan telah selesai lebih cepat beberapa bulan dari jadwal yang direncanakan, yaitu Desember ini. Kini proses pembelian telah selesai dan Dr. Dre yang juga penyanyi hip hop legendaris sekarang menjadi salah satu petinggi Apple yang mengurusi bagian audio, begitu pula dengan Lovine.

Kedua orang yang mendirikan dan membesarkan Beats tersebut memang orang-orang yang fenomenal dan kreatif. Harga mahal yang dikeluarkan oleh Apple bukan untuk membayar produk audio, karena Apple bisa saja mendirikan pabrik headset dan headphone yang lebih besar, namun yang dibeli adalah ide-ide kreatif kedua orang punggawa Beats Audio tersebut.

Apple sadar bahwa musik adalah bagian yang penting dan tak terpisahkan dari manusia, jadi berinvestasi pada orang-orang kreatif di dunia musik tidak akan pernah rugi karena musik akan selalu ada. Akusisi yang dilakukan Apple bertujuan untuk memperkuat  tim audio dan musik di Apple. Dengan berbagai teknologi yang telah dikembangkan oleh Dr Dre dan Lovine, maka Apple berharap bahwa di masa depan kualitas musik smartphone Apple mereka jauh lebih baik dan departemen yang mengurusi musik seperti iTunes juga akan lebih terpacu karena nantinya Beats Music dan iTunes akan bersaing.

Padahal sebelum dibeli Apple, Beats Audio adalah milik HTC Taiwan. Vendor ponsel ini mempergunakan teknologi Beats pada beberapa ponsel HTC miliknya, seperti varian HTC One. Kala itu saham HTC adalah 50,1% namun kemudian saham itu dijual karena HTC tidak melihat ada peningkatan profit yang signifikan dengan menambahkan Beats di produk mereka.

Setelah saham HTC dijual kembali, beats Audio sempat tanpa investor selama hampir setahun, baru kemudian Apple menawarkan proposal pembelian dengan nilai fantastis tersebut. Tentu saja kedua pemilik Beats Audio langsung setuju untuk menjual perusahaan mereka, apalagi mereka juga mendapat pekerjaan di pabrik smartphone Apple.

1. Akusisi Perusahaan Smartphone Apple Atas Beats di Tahun 2014 2

Akusisi Perusahaan Smartphone Apple Atas Beats di Tahun 2014

Baca Juga :

Apple Akan Produksi Pesaing Microsoft Surface

HEADSET MM 30G , Headset Anti Bising

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *